Connect with us

Hukum

Yasonna Klaim Tak Mungkin Lindungi Harun Masiku

Published

on

Realitarakyat.com – Menkumham Yasonna Laoly mengklaim bahwa dirinya tak mungkin lindungi buronan KPK yang juga kader PDIP Harun Masiku.

Hal ini dikatakannya menanggapi pernyataan banyak pihak soal pemecatan Dirjen Imigrasi Ronny Sompie dan pembentukan tim independen atas kasus delay sistem informasi kepulangan Harun Masiku ke Indonesia.

Menurut Yasonna dirinya tak ingin melakukan bunuh diri dalam politik. Yasonna menjelaskan, pembentukan tim independen ini, dilakukan untuk transparansi kasus tersebut.

“Tapi kan saya mau supaya betul-betul transparan kan, yang saya enggak suka ada orang berasumsi seolah-olah saya itu melindungi, bukan melindungi,” ujar Yasonna di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (30/1/2020).

“Saya kira intelektualitas saya bukan belum seperti itu tololnya. Saya belum ingin melakukan harakiri politik, saya kira hanya soal-soal begitu terlalu tolol saya. Saya fikir saya setolol itu enggak sampai segininya,” sambungnya.

Yasonna berharap pembentukan tim independen bisa lebih fair dalam mengusut persoalan tersebut. Bahkan, setelah dirinya mencopot Ronny Sompie, Plh Dirjen Imigrasi Jhoni Ginting langsung ditugaskan mengusut keterlambatan delay sistem kepulangan Harun Masiku.

“Makanya saya bilang bentuk tim independen. Lebih fair,” ujar Yasonna.

Sementara Yasonna tak mau pusing ihwal keputusan Ombudsman yang enggan bergabung dalam tim independen. Sebab, beberapa lembaga seperti Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) hingga Cyber Bareskrim Polri siap bergabung tim independen.

“Tadi saya ketemu BSSN. Dia mau di belakang, sudah mengirimkan ahli. Saya bilang oke masuk. Bareskrim cyber, kalau Ombudsman tidak mau ya enggak usah,” ujarnya.

Harun Masiku merupakan tersangka kasus dugaan suap terhadap mantan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan. Saat ini, Harun Masiku berstatus buron.

Namun, sebelumnya ada kesimpangsiuran informasi keberadaan Harun Masiku yang disampaikan Yasonna dan Ronny Sompie yang kala itu masih menjabat Dirjen Imigrasi.[prs]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hukum

KPK Resmi Tahan mantan Dirut Teknik Garuda

Published

on

Mantan Direktur Teknik Garuda Hadinoto Soedigno/Net
Continue Reading

Hukum

Pendalaman Kasus Edhy Prabowo, KPK Geledah Rumah Dinas DPR

Published

on

Continue Reading

Hiburan

Duh, Iyut Bing Slamet Kembali Berurusan dengan Polisi

Published

on

Continue Reading
Loading...