Connect with us

TNI -POLRI

Polda Jatim Limpahkan Berkas MeMiles Ke JPU

Published

on

Realitarakyat.com – Polda Jatim merampungkan penyelidikan kasus investasi bodong MeMiles. Bahkan tidak lama lagi atau pekan depan berkas perkara MeMiles dilimpahkan ke penuntut umum.

Menurut Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan di Mapolda Jatim saat ini pihaknya tengah fokus melakukan penyitaan aset milik perusahaan. Total aset yang sudah diamankan sebesar Rp147 miliar.

“Sepertinya sudah tidak ada saksi lagi yang akan kami periksa. Berkas pekan ini akan kami limpah ke penuntut umum,” katanya, Selasa (4/2/2020).

Terkait aset, pihaknya masih berupaya untuk mengamankan lebih banyak lagi. Dia menduga, ada sejumlah aset dari PT Kam and Kam yang mengalir ke luar negeri. Pihaknya akan menelusuri kebenaran informasi tersebut.

“Kami juga akan menelusuri adanya dugaan TPPU (tindak pidana pencucian uang,” tandas jenderal bintang dua ini.

Polda Jatim saat ini telah menetapkan lima orang tersangka investasi ilegal MeMiles PT Kam and Kam. Mereka adalah Kamal Tarachan atau Sanjay sebagai direktur, Suhanda sebagai manajer, Martini Luisa (ML) atau Dokter Eva sebagai motivator atau pencari member dan Prima Hendika (PH) sebagai ahli IT. Lalu satu lagi SW. SW ini diketahui sebagai pihak yang selalu melaporkan hasil pengumpulan data member kepada Kamal Tarachan.

Mereka dijerat Pasal 106 jo 24 Ayat (1), dan atau Pasal 105 jo Pasal 9 UU Nomor 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan, dan atau Pasal 46 Ayat (1) dan Ayat (2) jo Pasal 16 Ayat (1) UU Nomor 10 Tahun 1998 tentang perubahan atas UU Nomor 7 tahun 1992 tentang Perbankan.

Melalui aplikasi Memiles, para tersangka berhasil merekrut sebanyak 264.000 member. Dalam jangka waktu 8 bulan, bisnis ini sudah mampu membukukan omset Rp750 miliar. Padahal Memiles diketahui tak mengantongi izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).(Vin)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Headline

Kasus LGBT di TNI-Polri, Orientasi Seks Disoroti

Published

on

Continue Reading

Headline

Polri Berduka, Kadiv Propam Irjen Pol Ignatius Sigit Meninggal Dunia

Published

on

Continue Reading

TNI -POLRI

Polri dan TNI Tingkatkan Kesadaran Warga Terapkan Prokes

Published

on

ist/net
Continue Reading
Loading...