Demokrat Minta BIN Ikut Bantu KPK Buru Harun Masiku - Realita Rakyat
Connect with us

Hukum

Demokrat Minta BIN Ikut Bantu KPK Buru Harun Masiku

Published

on

image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Wakil Sekjen Partai Demokrat, Andi Arief meminta, Badan Intelijen Negara (BIN) turut membantu KPK memburu tersangka kasus suap yang merupakan eks caleg PDIP Harun Masiku.

Harun diketahui masih buron sampai dengan saat ini walau telah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK sejak 9 Januari 2020. Harun sendiri telah ditetapkan KPK masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) alias buron sejak 29 Januari 2020.

Andi mengatakan badan intelijen perlu membantu pencarian Harun guna membuktikan bahwa Kepala BIN Budi Gunawan tidak memiliki hubungan apa pun dengan PDIP. Menurut Andi, banyak pihak yang kepala memposisikan Budi Gunawan berafiliasi dengan PDIP.

“Alangkah baiknya KPK meminta bantuan Pak Budi Gunawan agar Badan Intelijen Negara lakukan hal sama, meski Ka BIN dekat dengan PDIP Partainya Harun dan Hasto,” ucap Andi melalui Twitter, Jumat (7/2/2020).

“Saatnya Badan Intelijen Negara membantu KPK dan Polri menangkap buronan Harun Masiku. Saatnya BIN menjawab desas-desus di rakyat selama ini bahwa aparat intelijen tidak netral dan berada di belakang partai tertentu saja. Ini saatnya,” tambahnya.

KPK menetapkan Harun Masiku sebagai tersangka kasus suap PAW anggota DPR periode 2019-2024. KPK juga telah memasukan Harun dalam daftar buronan pada 29 Januari lalu.

Polri turut membantu KPK. Kapolri Jenderal Idham Azis telah memerintahkan seluruh Polda dan Polres se-Indonesia untuk mengungkap keberadaan kader PDIP tersebut.

Namun, hingga kini, Harun masih belum terungkap keberadaannya. KPK dan Polri masih berupaya mencari Harun yang dikabarkan lolos dari operasi tangkap tangan.[prs]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hukum

Pandemi COVID-19 Hambat Pengusutan Dugaan Korupsi DLH Mimika

Published

on

ilustrasi (foto: ist/net/ant)
Continue Reading

Headline

Bupati Kutai Timur Terima Suap Rp 2,1 Miliar Dari kepala Bappeda dan Kepala BPKD

Published

on

Continue Reading

Headline

Forsa : Rhoma Irama Diperiksa Yang Demo RUU HIP juga Harus

Published

on

Continue Reading
Loading...