Demokrat Minta Publik Beri Masukan Positif Soal UU LLAJ - Realita Rakyat
Connect with us

Nasional

Demokrat Minta Publik Beri Masukan Positif Soal UU LLAJ

Published

on

foto: ist/net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Politisi Partai Demokrat, Irwan, menilai bahwa pro kontra soal wacana pengalihan pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) dari Kepolisian Republik Indonesia (Polri) ke Kementerian Perhubungan (Kemenhub), merupakan salah satu dampak dari revisi Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ), yang masuk dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Prioritas 2020.

“Terkait revisi UU LLAJ yang sekarang masuk Prolegnas 2020, dalam proses pembahasannya ada wacana berkembang soal pembuatan SIM, STNK, dan BPKB dialihkan ke Kemenhub dari Polri, jadi jangan menjadi perdebatan karena inikan masih pembahasan,” kata Irwan dalam keterangannya, Jumat (7/2/2020).

Dirinya pun menilai ketimbang mendukung atau menolak lebih baik pihak terkait dan masyarakat memberikan masukan positif demi kestabilan sosial, politik, dan ekonomi dalam negeri.

“Ketimbang memberikan pendapat dukung atau tidak lebih baik memberikan masukan positif agar pembahasan cepat usai,” paparnya.

Irwan pun menyarankan agar revisi UU LLAJ fokus memasukkan kendaraan roda dua ke kategori kendaraan umum.

“Saran kami agar pada pembahasan revisi UU LLAJ fokus bagaimana memasukkan kendaraan roda dua masuk dalam kategori kendaraan umum,” tuturnya.

Wacana tentang pengalihan pembuatan SIM-STNK ke Kemenhub disampaikan Wakil Ketua Komisi V DPR RI Nurhayati Monoarfa. Bukan tanpa alasan karena Polri tidak optimal sebagai pelaksana dan penyelenggara sehingga usulan itu hingga saat ini terus bergulir. (ndi)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Nasional

Semangat Nasionalisme PNI Patut Diteladani Parpol Modern, Ini Kata Pengamat

Published

on

foto: ist/net
Continue Reading

Nasional

Kunjungi Surabaya, Ketua Gugus Tugas Tinjau RS Darurat COVID-19

Published

on

foto: ist/net
Continue Reading

Nasional

Gunakan Masker yang Benar, Tekan Peluang Penularan Covid-19 Hingga 50% Lebih

Published

on

foto: ist/net
Continue Reading
Loading...