Soal UU LLAJ, Pengamat: Bentuk Badan Khusus Pelayanan SIM dan STNK - Realita Rakyat
Connect with us

Hukum

Soal UU LLAJ, Pengamat: Bentuk Badan Khusus Pelayanan SIM dan STNK

Published

on

Djoko Setijowarno / Net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Pimpinan Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) mewacanakan agar penerbitan Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dialihkan dari Kepolisian Republik Indonesia (Polri) ke Kementerian Perhubungan (Kemenhub) karena dianggap lembaga besutan Idham Azis tersebut belum optimal dalam bekerja.

Menanggapi hal tersebut, Pengamat Transportasi, Djoko Setijowarno mengaku kurang sependapat dengan usulan DPR RI untuk menyerahkan penerbitan SIM dan STNK kepada Kemenhub.

Hal tersebut disampaikan Djoko karena, selain merusak pola kerja yang sudah terjalin baik hingga saat ini. Wacana tersebut justru dikhawatirkan juga akan merusak hubungan baik antar lembaga yang akan menimbulkan saling tuding atau efek negatif lainnya.

“Bilamana dilakukan hal ini sangatlah rentan merusak hubungan kedua instansi yang saat ini sudah sangat baik melalui kolaborasi dalam manajemen lalu lintas. Dimana fungsi regulator dan pengawasan ada pada kedua instansi tersebut,” kata Djoko, Jumat (7/2/2020).

Ketimbang melakukan pemindahan, Djoko pun menyarankan agar pemerintah bersama DPR menyusun satu lembaga tersendiri yang dimana mengkolaborasikan antara unsur Pemda, Polri dan Kemenhub untuk menjadi satu badan yang bertugas melayani SIM dan STNK.

“Menurutnya sangat baik jika dua instansi negara itu bersama-sama di dalam suatu badan khusus, untuk menangani masalah perizinan tersebut. Jadi fungsi regulasinya jalan, fungsi pengawasannya juga jalan,” pungkas Djoko.[prs]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Headline

Usai Geledah Rumah Pengusaha di Kisaran , Hari Kedua KPK Geledah RSUD Aek Kanopan

Published

on

Continue Reading

Headline

PN Jakpus Hari Ini Pembacaan Vonis 2 Terdakwa Penyiram Novel Baswedan Dibacakan Pagi Ini

Published

on

Continue Reading

Hukum

Jaksa Agung : Saya Belum Tahu Soal Kewarganegaraan Djoko Tjandra Hingga saat ini

Published

on

Continue Reading
Loading...