Jepang Tepis Rumor Batalkan Olimpiade karena Virus Corona - Realita Rakyat
Connect with us

Luar Negeri

Jepang Tepis Rumor Batalkan Olimpiade karena Virus Corona

Published

on

image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Waktu 162 hari yang tersisa hingga upacara pembukaan, virus corona telah memunculkan kekhawatiran dan spekulasi akan penyelenggaraan Olimpiade 2020 di Tokyo, Jepang. Bahkan merebak rumor bahwa penyelenggaraan pesta olahraga dunia itu, akan ditunda akibat merebaknya virus corona.

Namun hal itu dibantah dengan tegas oleh Jepang. CEO Olimpiade Tokyo Yoshiro Mori, pada Kamis (13/2/2020), menegaskan bahwa pesta olahraga empat tahunan itu akan tetap digelar sesuai rencana awal, yakni 24 Juli hingga 9 Agustus 2020, meski ada kekhawatiran akan penyebaran virus corona di Negeri Sakura tersebut.

“Sehubungan dengan virus Corona, ada banyak sekali desas-desus, tapi saya ingin memperjelas lagi bahwa kami tidak akan menunda atau membatalkan Olimpiade,” kata Mori, saat melakukan pertemuan dengan pejabat tinggi Komite Olimpiade Internasional (IOC), seperti dilansir AFP.

“Kami akan berkoordinasi dengan pemerintah nasional dan menyikapi situasi ini dengan tenang,” katanya.

Gubernur Tokyo Yuriko Koike pun memastikan bahwa pemerintah setempat akan berupaya semaksimal mungkin melindungi semua orang dari terjangkitnya wabah virus corona menjelang Olimpiade digelar.

Demikian juga yang disampaikan oleh Wali Kota Desa Olimpiade, Saburo Kawabuchi. Ia mengatakan dalam pertemuan tersebut bahwa meski tak ada yang tahu kapan penyebaran virus corona itu berhenti, pihaknya berharap peningkatan kelembapan dapat membunuh virus tersebut.

“Kami memiliki musim hujan yang dapat membunuh virus,” katany

Hingga kini, Jepang memang belum melaporkan adanya korban jiwa yang diakibatkan COVID-19, namun sebanyak 28 orang telah dinyatakan terinfeksi virus mematikan itu.

Virus corona sebelumnya telah mengacaukan kalender even olahraga di Asia. Beberapa kejuaraan olahraga pun terpaksa dibatalkan atau dijadwalkan ulang, termasuk kualifikasi tinju dan bola basket untuk Olimpiade yang seharusnya digelar di China.

Tak hanya itu, Formula 1 dan FIA pada Rabu juga memutuskan untuk membatalkan seri Grand Prix China akibat virus corona yang menyebar di negara tersebut.

Hingga Kamis (13/2), China melaporkan setidaknya sudah ada 1.355 korban meninggal dan hampir 60.000 orang terkonfirmasi terinfeksi virus corona di seluruh wilayah China. (ndi)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Luar Negeri

Keturunan Yahudi Eropa Tuntut Jerman Ganti Rugi Terkait Pembantaian Holocaust Nazi

Published

on

Continue Reading

Luar Negeri

Wartawan dan Polisi Ditembak Mati Gerombolan Bersenjata saat Makan di Restoran

Published

on

Continue Reading

Luar Negeri

8 Marinir Amerika 7 Diantaranya Perwira, Yang Tenggelam Dihentikan Pencariannya

Published

on

Continue Reading
Loading...