Connect with us

DPR

Soal Penundaan Keberangkatan Umroh, DPR Minta Pemerintah Lakukan Komunikasi dengan Arab Saudi

Published

on

foto: ist/net

Realitarakyat.com – Anggota Komisi IX DPR RI Rahmad Handoyo mengaku prihatin atas nasib para calon jemaah Indonesia, menyusul kebijakan pemerintah Arab Saudi yang menghentikan sementara penyelenggaraan ibadah umroh sebagai bentuk antisipasi penyebaran corona virus (COVID-19) yang saat ini sudah mendunia.

“Banyak saudara-saudara kita yang sebelumnya sudah terjadwal keberangkatannya ke tanah suci, terpaksa menunda ibadahnya. Kami sangat memahami suasana batin para calon jemaah umroh dan keluarganya, kita berharap diplomat kita bisa berkomunikasi dengan pemerintah Arab Saudi. Paling tidak, calon jemaah yang sudah mendapatkan visa dan sudah mengeluarkan biaya tiket dan akomodasi, bisa menjalankan ibadah umroh,” ucap Rahmad di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (27/2/2020).

Menurut legislator asal Boyolali Jawa Tengah ini, keputusan pemerintahan Arab Saudi menghentikan sementara ibadah umroh, harus dihormati oleh semua negara di dunia, tidak terkecuali Indonesia.

Apalagi, kata Rahmad, virus Corona sudah menyebar ke berbagai negara di dunia dan sudah berdampak ke berbagai bidang, baik nasional, regional dan global.

“Tetapi sebagai negara yg bersahabat, pemerintah tetap bisa memohon kepada pemerintah Arab Saudi agar jemaah asal Indonesia yang sudah mendapatkan visa diberi kesempatan menjalankan umroh. Apalagi sejauh ini, Indonesia masih bersih dari virus Corona,” imbuhnya.

Dikatakannya, meskipun pada akhirnya pemerintah Arab Saudi tetap melarang calon jemaah melakukan ibadah umroh, setidaknya para Jemaah yang merasa kecewa jangan sampai dirugikan dari segi materi.

“Ini adalah musibah. Semua pihak sebenarnya terkena imbasnya. Tapi sebisanya para jemaah jangan sampai dirugikan dua kali, sudah ibadah tertunda, juga rugi secara materi,” ujarnya.

Rahmad meminta pemerintah untuk bisa mengkomunikasikan hal ini secara bersama dengan pihak travel guna mencari solusi. “Uang para jemaah harus bisa dikembalikan,” pungkasnya. (ndi)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DPR

Dihari Sumpah Pemuda, Fraksi PKS DPR Raih Teropong Democracy Award 2020

Published

on

Continue Reading

DPR

Emanuel Melkiades Laka Lena : Usaha yang Meningkat Harus Naikan Upah

Published

on

Continue Reading

DPR

Anggota DPR RI Ary Egahni Ben Bahat Sebut Kasus Kekerasan Perempuan di NTT Tinggi

Published

on

Continue Reading
Loading...