Walikota Bekasi Instruksikan Jajarannya Antisipasi Merebaknya Virus Corona - Realita Rakyat
Connect with us

Daerah

Walikota Bekasi Instruksikan Jajarannya Antisipasi Merebaknya Virus Corona

Published

on

foto: ist/net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengaku telah mengintruksikan seluruh rumah sakit dan puskesmas untuk melakukan pendeteksian dan pencegahan, respon dan antisipasi terkait merebaknya wabah virus corona di dunia, termasuk di Indonesia dan Kota Bekasi pada khususnya.

Instruksi tersebut, dituangkan dalam Surat Edaran terkait Peningkatan Kewaspadaan Infeksi Virus Corona (Covid-19) tertanggal 2 Maret 2020. Surat dengan Nomor 440/1651/Dinkes tersebut, ditujukan kepada Dandim 0507, Kapolres Metro Bekasi, Kepala Imigrasi, Kelas II, Kepala OPD, Kepala Rumah Sakit, Camat, Lurah, Kepala Puskesmas.

Terlebih, Darja (50) warga Vila Bekasi Indah, Tambun Utara, Kabupaten Bekasi meninggal di Rumah Sakit Dr. Hafidz (RSDH) Cianjur, Selasa (3/3) pukul 04.00 WIB. Pegawai Telkom Jakarta Pusat itu diduga terpapar virus Corona.

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengaku telah mengintruksikan seluruh rumah sakit dan puskesmas untuk deteksi dan pencegahan, respon dan antisipasi munculnya kasus-kasus dengan gejala pneumonia berat dengan etiologi tidak jelas seperti di China.

Selain itu, pihaknya juga telah bersiaga dengan menyebar imbauan dan call center bagi jutaan masyarakat.

“Antisipsi ini berlaku bagi pasien yang berobat di Fasyenkes (Fasilitas pelayanan kesehatan) pemerintah dan swasta di Kota Bekasi, baik fayankes primer maupun rujukan,” kata dia di Stadion Patriot Candrabhaga, Selasa (3/2/2020).

Rahmat menegaskan, jika ditemukan gejala penyakit seperti corona di fayankes agar dilakukan tatalaksana, isolasi dan segera dilaporkan secara berjenjang sesuai dengan sistem surveilans kesehatan yang berlaku di Dinas Kesehatan Kota Bekasi.

Dengan begitu, bisa diteruskan ke Dinkes Provinsi Jawa Barat dan Ditjen P2P Kemenkes.

“Masyarakat juga harus menjaga kondisi lingkungan dan kesehatan. Lapor jika ada gejala-gejala seperti itu. Kita harus selalu waspada juga,” pungkasnya. (ndi)

Daerah

Pabrik Mebel di Cakung Lokasi Padat Penduduk Terbakar, Warga Kumandangkan Azan

Published

on

Continue Reading

Daerah

Akibat Tidak Punya Biaya Hampir Setahun Warga Bima ini Terbaring

Published

on

Continue Reading

Daerah

Pemkab Karo bersihkan abu vulkanik Sinabung di sejumlah lokasi

Published

on

Continue Reading
Loading...