Connect with us

Ekonomi

Cadangan Devisa Indonesia Turun 1 Miliar Dolar

Published

on

Foto: Ilustrasi/Net

Realitarakyat.com – cadangan devisa Indonesia pada akhir Februari 2020 tercatat sebesar 130,4 miliar dolar AS. Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI), Onny Widjanarko, mengatakan bahwa, cadangan devisa itu turun dibandingkan dengan posisi Januari 2020 di angka 131,7 miliar dolar AS.

“Angka cadangan devisa tetap tinggi meskipun sedikit lebih rendah dibandingkan dengan posisi akhir Januari 2020 sebesar 131,7 miliar dolar AS,” katanya, di Jakarta, Jumat {6/3/2020). Dia mengatakan, posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 7,7 bulan impor atau 7,4 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor.

Bank Indonesia menilai cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan. Penurunan cadangan devisa pada Februari 2020 antara lain dipengaruhi oleh pembayaran utang luar negeri pemerintah. Ke depan, Bank Indonesia memandang cadangan devisa tetap memadai, didukung oleh stabilitas dan prospek ekonomi yang tetap baik.(vie)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ekonomi

Sempat Terpuruk Akibat Pandemi, Produktivitas Industri Manufaktur Mulai Membaik

Published

on

foto: ist/net
Continue Reading

Ekonomi

Menkop: Menjadi Wirausaha Adalah Pilihan Tepat

Published

on

foto: ist/net
Continue Reading

Ekonomi

Ketum BPP Hipmi: UU Ciptaker Berikan Dukungan Majukan UMKM

Published

on

foto: ist/net
Continue Reading
Loading...