TNI,Polri dan BNPB Adakan Operasi Kemanusian di Pulau galang Batam - Realita Rakyat
Connect with us

TNI -POLRI

TNI,Polri dan BNPB Adakan Operasi Kemanusian di Pulau galang Batam

Published

on

image_pdfimage_print

Realitaakyat.com – Tentara Nasional Indonesia (TNI) bersama Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan elemen lainnya bersiap menggelar operasi kemanusiaan di Pulau Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau. Operasi ini antara lain mencakup pembangunan rumah sakit khusus untuk menanganani wabah virus korona (Covid-19).

Panglima TNI mengatakan, di Pulau Galang nantinya akan dibangun satu rumah sakit khusus yaitu rumah sakit yang memiliki fasilitas sebagai observasi dan fasilitas isolasi. Lokasinya sangat ideal karena berada di tengah hutan.

”Jarak dengan penduduk kurang lebih 2-3 km. Kalau ada pasien yang harus dikirim dari luar negeri maupun dari wilayah Indonesia kapan pun bisa sampai di tempat ini, karena Pulau Galang memiliki bandara yang bisa didarati oleh pesawat kecil maupun berbadan lebar,” kata Panglima saat memberikan pengarahan kepada 540 prajurit TNI dan Polri di Pulau Galang, Minggu (8/3/2020). Hadir dalam acara ini Kapolri Jenderal Pol Idham Azis.

Panglima pun memerintahkan kepada seluruh jajaran TNI-Polri agar segera melaksanakan kegiatan pengamanan, baik di jalur menuju Pulau Galang maupun pengamanan di wilayah yang akan dibangun rumah sakit. Dengan demikian, target pembangunan akan tercapai dan fasilitas akan segera tersedia.

Rumah sakit khusus ini diharapkan dapat segera dioperasionalkan untuk menampung para WNI yang akan menjalani observasi dan isolasi agar bisa sembuh dengan baik dan keluar dari Pulau Galang dalam kondisi sehat.

Dalam kesempatan tersebut, Panglima juga berharap kepada masyarakat Indonesia agar tidak perlu takut untuk menghadapi wabah Covid-19, namun tetap harus waspada dan mengikuti koridor yang sudah ditentukan oleh Pemerintah Indonesia dan WHO.

”Berbagai cara telah dilakukan oleh Pemerintah Indonesia tentang bagaimana menghindari wabah dari virus korona,” ucapnya.

Panglima dan Kapolri datang ke Pulau Galang bersama Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo. Tiba di pulau yang pernah menjadi tempat penampungan pengungsi dari Vietnam itu, mereka meninjau pelaksanaan bakti kesehatan serta menyapa langsung masyarakat.

Kegiatan peninjauan bhakti sosial dan bakti kesehatan ditutup dengan penyerahan secara simbolis bantuan kepada masyarakat oleh Panglima TNI dan Kapolri.

Panglima TNI, Kapolri dan Kepala BNPB beserta rombongan kemudian bergeser menuju bekas lokasi pengungsi Vietnam untuk memberikan pengarahan kepada prajurit TNI dan anggota Polri yang terlibat dalam pengamanan proses pembangunan rumah sakit khusus.

“Saya berpesan kepada seluruh rekan rekan TNI dan Polri dan siapa pun yang ditugaskan oleh pangdam dan kapolda di sini supaya kalian jaga betul staminamu, lakukan semua pekerjaan dengan ikhlas, Insya Allah itu bagian dari ladang ibadah kita dalam memberikan pengabdian yang terbaik bagi nusa dan bangsa” kata Kapolri.

Dalam kegiatan ini turut hadir Plt Gubernur Kepri, Pangdam Bukit Barisan, dan Kapolda Kepulauan Riau. Sementara itu Panglima TNI Hadir didampingi oleh Pangkogab Wilhan 1, Asops Panglima TNI, Aslog Panglima TNI, Aster Panglima TNI, dan Aslog Kasau.

Sementara Kapolri hadir didampingi oleh Kabareskrim Polri, Kadiv Propam Polri, Karo Penmas Div Humas Polri dan Dirtipidter Bareskrim Polri.(Ma)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TNI -POLRI

Pengamanan Apel Siaga Alumni 212 Tetap Dilakukan Walau Tanpa STTP

Published

on

Continue Reading

Headline

Menhan Prabowo Subianto Didampingi KASAD TNI Andika Prakasa Kunker ke Akmil

Published

on

Continue Reading

TNI -POLRI

Melalui TMMD, TNI Bangun Jalan Baru 1 KM di Nagan Raya Aceh

Published

on

foto: ist/net
Continue Reading
Loading...