Connect with us

Luar Negeri

Dampak Virus Corona, Gereja di AS Larang Jemaatnya Salaman dan Pelukan

Published

on

Realitarakyat.com – Penyeberan virus corona atau COVID -19 membuat tradisi ibadah di sejumlah gereja di Amerika Serikat berubah. Salah satunya adalah dengan melarang para jemaat untuk berpelukan atau bersalaman, dan tidak memberikan anggur serta roti saat sesi penjamuan kudus dalam misa minggu.

” Biasanya jemaat dan pastor bersalaman dan berpelukan. Sangat sulit bagi kami untuk tidak bersentuhan satu sama lain,” kata jemaat Gereja Katolik Raja Kristus di Pleasant Hill, Bay Area, San Francisco, Indonesia, Senin (9/3/2020).

Pengurus gereja juga mengganti air suci yang bisanya digunakan oleh para jemaat untuk membasuh tangan dengan cairan antiseptik atau cairan pembersih.

“Hal-hal kecil sangat penting, bahkan hanya soal bersalaman. Masyarakat sangat dekat satu dengan lainnya,” kata Pastor Paulson Mundanmani.

Keuskupan Monterey, California, juga menerbitkan tata cara baru untuk beribadah bagi para jemaat dan pemuka agama. Mereka sementara melarang para jemaat berpegangan tangan saat pembacaan Doa.

“Para jemaat biasanya bersalaman usai beribadah, kini mereka membungkuk satu sama lain,” kata seorang jemaat dan penyanyi di Gereja St. Angela, Clint Dyer.

Pihak gereja juga meminta para jemaat untuk selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah beribadah.

Berdasarkan data dari Coronavirus COVID-19 Global Cases by Johns Hopkins CSSE, penyebaran virus corona cukup tanggi. Dari data tersebut memperlihatkan jika terdapat 554 orang di Ameriksa Serikat yang terjangkit virus corona. Selain itu terdapat juga 21 orang korban meninggal akibat virus ini di US.(Ma)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Luar Negeri

KJRI Johor Fasilitasi Pemakaman Pekerja Migran Indonesia

Published

on

ilustrasi: foto: ist/net
Continue Reading

Luar Negeri

Malaysia Batasi 10 Persen WFO Saat PKPB

Published

on

ilustrasi (ist/net)
Continue Reading

Luar Negeri

Presiden Joko Widodo Jadi Nama Jalan di UEA, Simbol Hubungan Baik Kedua Negara

Published

on

ist/net
Continue Reading
Loading...