Connect with us

Ekonomi

Sikapi Dampak Covid-19, Menteri Ekonomi ASEAN Sepakat Beri Stimulus Ekonomi

Published

on

Realitarakyat.com – Negara-negara ASEAN telah menerapkan sejumlah kebijakan untuk menstimulus ekonomi terkait dampak dari Covid-19, antara lain diberikannya insentif pajak untuk sejumlah bisnis di sektor pariwisata, penerbangan, dan hotel untuk mendorong sektor pariwisata.

Demikian dikatakan Wakil Menteri Perdagangan RI, Jerry Sambuaga saat mewakili Menteri Perdagangan RI pada Pertemuan Para Menteri Ekonomi ASEAN dalam format retreat (AEM Retreat) ke-26 di Da Nang, Vietnam, Rabu (10/3/2020).

Dia mengatakan, logistik, pariwisata, dan perdagangan, merupakan sektor yang terkena dampak paling besar dari bencana virus corona. Itu karena adanya larangan sejumlah pemerintah untuk melakukan perjalanan ke luar negeri dan penutupan perbatasan bagi negara yang terjangkit virus tersebut.

Hal ini berdampak langsung pada negaranegara ASEAN di sektor ekonomi dan pariwisata. Saat ini, tercatat 21,5% wisatawan mancanegara di ASEAN berasal dari RRT.

Pada tahun 2018, bisnis perjalanan berkontribusi sebesar 12,6% pada ekonomi ASEAN. Isu Covid-19 ini juga dapat berdampak pada sektor perdagangan, khususnya ekspor dan impor. Sebagian bahan baku untuk industri di Indonesia masih dipasok dari negara Tiongkok yang mengalami kesulitan untuk ekspor karena kasus Covid-19.

Wamendag menyatakan, ASEAN perlu merespons dampak Covid-19 dengan selalu memperhatikan
kondisi masyarakat. Saat ini, transparansi dan efektivitas menjadi penting untuk memastikan
kepercayaan publik dan pelaku usaha.

“Indonesia mendorong upaya untuk memperkuat kerja sama ASEAN untuk meringankan dampak
ekonomi dan sosial bagi masyarakat ASEAN, khususnya melalui sejumlah upaya, seperti
mendorong upaya forum bertukar informasi penangangan Covid-19 dan mengkaji dampaknyaterhadap ekonomi di kawasan ASEAN,” tegas Wamendag Jerry, dalam keterangan tertulisnya.(vie)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ekonomi

Indonesia dan Swedia Komitmen Wujudkan Kerja Sama Berkelanjutan

Published

on

ist/net
Continue Reading

Ekonomi

Terima Banpres Produktif, Pemilik Warung Sembako Ini Mengaku Terharu

Published

on

Ade Irawan (ist/net)
Continue Reading

Ekonomi

G20 Serukan Bangun Sistem Kesiapan untuk Hadapi Pandemi di Masa Depan

Published

on

Presiden Joko Widodo mengikuti KTT Luar Biasa G20 secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Kamis 26 Maret 2020. KTT tersebut membahas upaya negara-negara anggota G20 dalam penanganan COVID-19. (ist/net)
Continue Reading
Loading...