Connect with us

Nasional

Dampak Virus Corona, Indonesia Telah Menolak 126 Orang WNA

Published

on

Realitarakyat.com – Direktorat Jendral Imigrasi menolak 126 Warga Negara Asing (WNA) dari berbagai negara masuk ke Indonesia karena wabah virus Corona.

Plh Dirjen Imigrasi Jhoni Ginting mengatakan, bahwa penolakan WNA masuk ke Indonesia ini dilakukan di beberapa bandara, diantaranya di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bandara Internasional Soekarno Hatta, Kualanamu Medan, dan Juanda Surabaya.

“Totalnya yang kita tolak ada 126 orang. Dari tanggal 6 Februari sampai tanggal 10 Maret 2020 itu rekapitulasi penolakan WNA di tempat pemeriksaan imigrasi,” jelas Jhoni di Kantor Presiden pada Kamis (12/03/20).

Jhoni menjelaskan, mereka yang ditolak masuk diantaranya berasal dari Tiongkok, Rusia, Brazil, New Zealand, Maroko, Kazakhstan, Australia, Malaysia, Thailand, Uzbekistan, dan Kanada.

Jhoni juga mengatakan, bahwa mereka yang ditolak masuk langsung dideportasi tanpa ada proses lebih lanjut seperti diinapkan atau observasi.

“Langsung deportasi, tergantung pesawatnya,” kata Jhoni menambahkan.

Selain itu, dalam kesempatan tersebut, Jhoni juga menyampaikan, bahwa Kementerian Hukum dan HAM melalui Peraturan Menteri No 7 Tahun 2020 memutuskan untuk sementara menghentikan bebas visa kunjungan dan izin tinggal bagi Warga Negara Tiongkok, Iran, Italia, dan Korea Selatan terkait pencegahan Corona.

“Karena ada indikasi beberapa negara selain Tiongkok yang juga terkena wabah Corona, seperti Iran, Italia, dan Korea Selatan, dimana di tiga negara ini ada lonjakan yang signifikan. Oleh karena itu dikelurakan Permenkumham Nomor 7. Ini perluasan daripada Dataran Cina dan penambahan tiga negara : Cina, Iran, Italia, dan Korea Selatan,” pungkas Jhoni.(Din)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DPR

Wakil Ketua DPR: Akhlak Bisa Bawa NKRI Jadi Lebih Baik

Published

on

foto: ist/net
Continue Reading

Headline

Kasus Aktif COVID-19 di Indonesia Turun Signifikan, Ini Penjelasan Jubir Satgas

Published

on

foto: ist/net
Continue Reading

Nasional

Kemnaker Mulai Bahas Rumusan RPP Turunan UU Ciptaker

Published

on

foto: ist/net
Continue Reading
Loading...