Connect with us

pendidikan

Ini Imbauan Mendikbud Terkait Pencegahan Penyebaran COVID-19 di Satuan Pendidikan

Published

on

Realitarakyat.com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim mengeluarkan Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pencegahan Corona Virus Disease (COVID-19) di satuan pendidikan. Bersamaan dengan dikeluarkannya surat edaran tersebut, Mendikbud mengimbau seluruh pemangku kepentingan untuk melakukan langkah-langkah pencegahan penyebaran COVID-19.

“Kita bergerak bersama untuk bisa lepas dari situasi ini,” kata Mendikbud di Kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dikutip dari laman Kemendikbud, Kamis (12/3/2020).

Dalam edaran itu, Mendikbud mengimbau untuk segera mengoptimalkan peran Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) atau unit layanan kesehatan di perguruan tinggi dengan cara berkoordinasi dengan fasilitas pelayanan kesehatan setempat dalam rangka pencegahan penyebaran COVID-19. Ia juga meminta agar satuan pendidikan berkomunikasi dengan Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan/atau Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi setempat untuk mengetahui apakah Dinas Kesehatan telah memiliki semacam rencana atau persiapan dalam menghadapi COVID-19.

Mendikbud juga mengimbau agar satuan pendidikan menyediakan sarana untuk cuci tangan pakai sabun (CTPS) dan alat pembersih sekali pakai (tissue) di berbagai lokasi strategis di lingkungan satuan pendidikan. Poin lain yang disampaikan dalam edaran yaitu terkait dengan kegiatan pembersihan ruangan dan lingkungan satuan pendidikan secara rutin, khususnya handel pintu, saklar lampu, komputer, papantik (keyboard) dan fasilitas lain yang sering terpegang oleh tangan. Oleh karena itu perlu ada petugas trampil dan bahan pembersih yang sesuai untuk keperluan tersebut.

Jika ada warga satuan pendidikan yang tidak hadir karena sakit, Mendikbud mengimbau agar diberikan izin dan tidak memberlakukan hukuman/sanksi, serta tidak memberlakukan kebijakan insentif berbasis kehadiran. Apabila terdapat jumlah ketidakhadiran dalam jumlah besar karena sakit yang berkaitan dengan pernafasan, satuan pendidikan diminta untuk melapor kepada Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan/atau Lembaga Satuan Pendidikan Tinggi.(vie)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

pendidikan

Guru Dinilai Alami Kendala Lakukan Pendidikan Jarak Jauh

Published

on

foto: ist/net
Continue Reading

pendidikan

Darurat Pendidikan Nasional, Cak Imin: Tak Perlu Cari ‘Kambing Hitam’

Published

on

foto: ist/net
Continue Reading

Olahraga

Dimasukan dalam Kurikulum, Perguruan Tinggi di Aceh Kembangkan Olahraga Skuas

Published

on

ist/net
Continue Reading
Loading...