Ratusan Perusahaan Jepang Dukung Program Pemagangan Kemnaker - Realita Rakyat
Connect with us

Ekonomi

Ratusan Perusahaan Jepang Dukung Program Pemagangan Kemnaker

Published

on

image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Perusahaan Jepang di kawasan Jakarta dan sekitarnya yang berjumlah kurang lebih 730 perusahaan siap mendukung program pemagangan dan vokasi yang digagas Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker).

Dukungan tersebut mengemuka dalam diskusi terbatas Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, dengan pengurus The Jakarta Japan Club (JJC) yakni Kyogi Ueda (Panasonic), Masamichi Tanaka (Toyota), dan Yoshihiro Kobi (Befa), di kantor Kemnaker, Jakarta, Kamis (12/3/2020).

“Kami menyambut positif dukungan para pengusaha Jepang dalam pengembangan sumberdaya manusia (SDM) melalui program pemagangan dalam dan luar negeri serta job fair, ” ujar Ida Fauziyah kepada pers.

Menaker Ida berpendapat, kerja sama program pemagangan cukup efektif memberikan dampak positif bagi industri/perusahaan, karena perusahaan mendapatkan tenaga terampil dari proses pemagangan tersebut dan perusahaan juga meningkat produktifitasnya.

“Itu salah satu yang ingin kita dorong kepada anggota JJC agar bisa mengembangkan program seperti yang dilakukan Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Karawang, Jawa Barat, ” katanya.

Menaker Ida mengatakan, selama ini Jepang adalah negara yang termasuk sangat mensupport pembangunan SDM, karena Jepang termasuk negara yang memiliki usaha atau industri di Indonesia. Diantaranya, bergerak di bidang industri otomotif dan elektronika.

“Kemnaker berharap JJC mendorong ratusan perusahaan Jepang yang ada di Indonesia untuk melaksanakan program pemagangan dalam negeri, yang mengacu pada Permenaker Nomor 36 Tahun 2016, tentang penyelenggaraan pemagangan dalam negeri, ” katanya.

Selain itu, sesuai Permenaker Nomor 08 Tahun 2008 tentang Perizinan Pemagangan Luar Negeri, Ida Fauziyah juga mendorong JJC agar menjembatani bagi perusahaan- perusahan yang ada di Jepang melalui Accepting Organization (lembaga penerima peserta pemagangan) untuk menjalin kerjasama dengan LPKS atau sending organization (lembaga pengirim peserta pemagangan ke jepang) yang ada di Indonesia.(vie)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ekonomi

OJK Kumpulkan 15 Bank Bahas Soal Revisi RBB Lebih Optimistis

Published

on

Continue Reading

Ekonomi

BRI Akan Kucurkan Kredit Rp11,2 Triliun dari Simpanan Pemerintah

Published

on

Continue Reading

Ekonomi

Kartu Prakerja Kini Dilakukan Penyempurnaan yang Pro Orang Sengsara

Published

on

Continue Reading
Loading...