Wisata Seribu Bogor Hiasi Inovasi Desa Pedak - Realita Rakyat
Connect with us

pariwisata

Wisata Seribu Bogor Hiasi Inovasi Desa Pedak

Published

on

Realitarakyat.com – Kepala Desa Pedak, Kecamatan Sulang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, Nasuka yang mencanangkan program Inovasi Desa dengan tema “Festival Nuansa Alam Seribu Bogor”

Menurut Kepala desa Pedak, Nasuka program inovasi Seribu Bogor dan lebih dikenal dengan pohon aren atau siwalan. Di wilayah Kecamatan Sulang baru ada di desa Pedak saja.

Nasuka mengatakan program Seribu Bogor rencananya akan dilaksanakan pada hari Minggu, 15 Maret 2020 yang dibuka oleh Bupati Rembang Abdul Hafidz dan Wakil Bupati Rembang Bayu Andriyanto dengan bersepeda,” ucap Kepala Desa Pedak Nasuka, saat ditemui wartawan Realitarakyat.com di lokasi Wisata Seribu Bogor, Jumat (13/3/2020) sore.

Dia menjelaskan ada Rumah juala sedikitnya ada 17 unit, sementara Gasebo ada 6 unit. Untuk menu utamanya dari desa Pedak yaitu menu siwalan dan legen, menurutnya, program desa wisata di desa Pedak diambilkan dari dana desa dengan anggaran sebesar Rp 77 juta.

“Dengan adanya program inovasi desa diharapkan bisa membuka lapangan pekerjaan bagi warga desa Pedak pada khususnya. Sedangkan yang berjualan menu khas desa Pedak dan diperuntukkan untuk kaum perempuan,” terangnya.

Nasuka menambahkan dengan dibukanya wisata di desa Pedak ini, diharapkan bisa meningkatkan BUMDes di desa Pedak. Dan untuk tahap awal ini akan dibuka hari Sabtu dan Minggu saja, mulai pukul 08.00 Wib – 17.00 Wib.

Dalam acara Seribu Bogor ini akan dimeriahkan oleh kelompok musik Angklung Dasun dan gratis minum legen. Bagi pengunjung yang membawa putra dan putrinya jangan khawatir ada tempat bermain bagi anak yang aman dan nyaman,” pungkas Nasuka

Sementara bagi yang gemar berfoto ria atau berselfie juga sudah disiapkan tempatnya.

Hal itu juga merupakan langkah utama Pemerintah meluncurkan program dana desa yang selama hampir lima tahun ini dana yang telah terkucur sebanyak Rp 257 triliun telah dibagikan ke 74.957 desa di seluruh Indonesia.

Guna mengoptimalisasikan pemakaian dana desa, kembali pemerintah lewat Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi menggulirkan Program Inovasi Desa (PID). Program ini telah dilaksanakan sejak 2017 di bawah naungan Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PPMD).

Program ini hadir sebagai upaya untuk mendorong peningkatan kualitas pemanfaatan dana-desa. Dengan memberikan banyak referensi dan inovasi-inovasi pembangunan desa, diharapkan mampu memantik kreatifitas desa dalam mengoptimalkan berbagai potensi yang dimiliki.(vie)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Headline

Prakiraan Cuaca 30 Mei: Seluruh Wilayah Jakarta Diguyur Hujan Sore Hari

Published

on

Continue Reading

pariwisata

Jokowi Minta Sektor Pariwisata Fokus Garap Wisatawan Domestik

Published

on

Continue Reading

pariwisata

BMKG Perkirakan Sebagian Wilayah Jakarta Akan Diguyur Hujan

Published

on

Hujan
Continue Reading
Loading...