Legen, Rempah Produk Unggulan Inovasi Desa Pedak yang Dikatakan Penolak Corona - Realita Rakyat
Connect with us

Daerah

Legen, Rempah Produk Unggulan Inovasi Desa Pedak yang Dikatakan Penolak Corona

Published

on

Realitarakyat.com – Progam Inovasi Desa yang digalakkan oleh Pemerintah Pusat sangat positif sekali untuk kesejahteraan masyarakat desa. Dengan adanya program inovasi desa diharapkan agar desa-desa se-Indonesia mampu menampilkan inovatif produk lokal yang ada di desanya.

Salah satunya Desa Pedak, Kecamatan Sulang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, Minggu (15/3/2020) mengadakan Shof Launching “Seribu Bogor” yang dihadiri Bupati Rembang H Abdul Hafidz, Forkompinda, Camat Sulang, Kepala Desa se-Kecamatan Sulang dan Ribuan pengunjung yang memadati lokasi Wisata Seribu Bogor.

Dalam sambutannya Bupati Rembang H.Abdul Hafidz mengatakan program Pariwisata Seribu Bogor ini tujuannya untuk meningkatkan perekonomian desa Pedak, Kecamatan Sulang. Dan pemerintah Kabupaten (Pemkab) akan back- up destinasi wisata yang ada di desa-desa.

Bupati sudah mengambil kebijakan lewat beberapa dinas untuk memajukan desa yang kemiskinannya masih tinggi. Sehingga desa yang masih miskin akan di keroyok barang-barang,” terang Bupati Abdul Hafidz, kepada wartawan setelah meresmikan wisata Seribu Bogor, Minggu (15/3/2020).

Hafidz menjelaskan Wisata di desa sudah mulai bergerak semua sesuai dengan potensi yang ada di desa-desa, bahari sudah hampir semua, untuk alamnya yang dipucuk-pucuk gunung sudah mulai bergerak, sekarang tinggal yang di daratan untuk menyesuaikan yang ada di desa.

Sementara itu Ketua Panitia Seribu Bogor Muslikan mengatakan Shof Launching Seribu Bogor adalah gembrakan desa Pedak untuk memperkenalkan produk unggulan yang ada di desa Pedak ini.

Menurut Muslikan jumlah pohon Bogor dari data BPS berjumlah 1500 pohon. Dan masyarakat desa Pedak ingin memperkenalkan pohon Bogor menjadi salah satu destinasi wisata di Kabupaten Rembang,” ungkap Muslikan.

Awal mulanya banyak orang dari luar kota yang datang untuk berfoto/Selfie. Fotonya sering dilombakan dan mendapatkan juara. Kemarin di Jawa Tengah mendapatkan juara satu, sehingga Memotivasi kita untuk membangun wisata desa.

Ia menambahkan dengan adanya outbond dengan tujuan untuk wisata edukasi kepada anak-anak, cara pembuatan gula, cara memecah siwalan dan cara membuat legen yang bagus. Dan di sini dijamin legen asli,” terangnya

Kepala desa Pedak Nasuka menjelaskan tujuannya untuk memperkenalkan produk unggulan desa Pedak. Sehingga bisa menambah lapangan kerja bagi masyarakat desa pedak.

Nasuka mengatakan dengan adanya Virus Corona, kita membuat Legen rempah untuk menolaknya. Kemudian legen rempah yaitu perbaduan antara legen asli dengan rempah – rempah,”ucap Kepala desa Pedak ini.

Salah satu pedagang legen rempah anti corono Giska Nur Ayuni atau lebih dikenal dengan nama Yuni (24) warga desa Pedak menjelaskan tujuannya agar memperkenalkan produk khas desa Pedak.

“Legen rempah menurut Yuni khasiatnya menyegarkan badan, bisa tahan lama dan sudah terbukti,” ucap Yuni.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Daerah

Perawat Positif Covid-19, Ambon Tutup 4 Puskesmas

Published

on

Continue Reading

Daerah

Muhammadiyah Klaten Mengaku Dicatut terkait Teror Diskusi UGM

Published

on

Continue Reading

Daerah

Gempa Magnitudo 5,7 Guncang Melongulane Sulut

Published

on

Continue Reading
Loading...