Connect with us

pendidikan

Berlakukan ‘Kelas Jauh’, Pemkab Rembang: Guru dan Orang Tua Harus Berkomunikasi Aktif

Published

on

Realitarakyat.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang mengambil kebijakan meliburkan siswa-siswi dari kegiatan belajar mengajar di sekolah, guna mencegah penularan virus corona.

Kepala Dinas Pendidikan Rembang, Mardi saat dihubungi wartawan Realitarakyat.com, Selasa (17/3/2020) pagi, mengatakan, semua siswa dari seluruh tingkatan, baik negeri maupun swasta selama dua pekan, mulai 16 hingga 29 Maret 2020 nanti.

“Pemkab memutuskan untuk meliburkan siswa dari tingkat TK, PAUD, SD, SMP hingga SMA baik negeri dan swasta guna mengantisipasi penyebaran virus corona,” kata Mardi

Keputusan ini diambil dalam rapat bersama Pemerintah Kabupaten Rembang yakni dalam rangka mencegah penyebaran wabah corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Ia mengatakan, seluruh peserta didik tetap belajar efektif di rumah melalui ‘kelas jauh’ dengan mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru atau kelas maya, di bawah pemantauan guru dan orang tua.

“Kepala sekolah beserta guru agar memastikan pelayanan pembelajaran di rumah berjalan efektif dan orangtua mendampingi serta memfasilitasi anak-anak dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah (atau mengikuti pembelajaran daring) di rumah,” kata dia.

Tak hanya itu, guru bekerja sama dengan orangtua memastikan anak-anaknya mengerjakan tugas-tugas sekolah dengan baik dan tepat waktu.

“Guru atau wali murid menjalin komunikasi intensif dengan orangtua terkait proses pembelajaran jarak jauh pembelajaran berbasis proyek atau bentuk lainnya,” kata dia.

Ia menghimbau orangtua tidak memanfaatkan waktu libur untuk mengajak anak berpergian ke tempat yang ramai seperti mall, pasar, tempat rekreasi dan lainnya.

“Orangtua menjaga lingkungan rumah higienis dan menjaga kesehatan dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS). Membiasakan rajin mencuci tangan dan untuk sementara waktu menghindari kebiasaan berpelukan dan mencium tangan,” kata dia.(vie)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DPR

Wakil Ketus Komisi X Sebut Pendidikan Jarak Jauh Belum Efektif

Published

on

ist/net
Continue Reading

DPD

Komitmen Pendidikan Bemutu di Masa Pandemi, Komite III DPD Kolaborasi dengan Mendikbud

Published

on

ist/net
Continue Reading

Headline

16 Santri Ponpes Al Hidayah Jambi terkonfirmasi positif COVID-19

Published

on

Continue Reading
Loading...