Connect with us

pariwisata

Menparekraf Dorong Industri Ambil Langkah Antisipatif Terkait Covid-19

Published

on

Realitarakyat.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio menyatakan, akan terus berupaya untuk membuat kebijakan yang dapat menopang industri pariwisata dan ekonomi kreatif, di tengah merebaknya pendemi Covid-19.

Ia pun berharap langkah-langkah antisipatif juga bisa diambil pemangku kepentingan pariwisata dan ekonomi kreatif lainnya. “Untuk sementara agar bisa membatasi kegiatan-kegiatan seperti promosi pariwisata dan ekonomi kreatif, juga mengimbau para pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif tidak menyelenggarakan Pertemuan, Insentif, Konvensi, dan Pameran (MICE) hingga wabah pandemi COVID-19 berlalu sesuai instruksi dari pemerintah,” kata Wishnutama Kusubandio, dalam laman resmi Kementerian Pariwisata, Rabu (18/3/2020).

Wishnutama mengapresiasi langkah cepat yang telah diambil pemerintah dan industri yang memutuskan untuk menunda kegiatan.

Kalaupun operasional (di lokasi wisata) masih tetap berjalan, Menparekraf berpesan agar pihak-pihak terkait bisa memperhatikan secara baik waktu operasional, jumlah yang berkunjung, dan pengetatan pintu masuk berupa pengecekan kesehatan terhadap pengunjung hingga memastikan keamanan, kenyamanan, dan higienitas.

Termasuk di antaranya menjaga sanitasi dengan menyediakan akses ke sarana cuci tangan berupa air mengalir dan sabun antiseptik, menyediakan tisu atau masker, dan melakukan disinfeksi terhadap fasilitas yang ada. Selain itu juga menyediakan alat pengukur suhu tubuh dan lainnya.

“Industri harus bisa memantau kesehatan lingkungan dan karyawan dengan baik. Serta selalu memantau perkembangan terkini dan berkoordinasi dengan pihak/lembaga terkait,” kata Wishnutama.

Wishnutama mengatakan di situasi saat ini pihaknya akan memanfaatkan waktu untuk membuat perencanaan agar pada saatnya nanti dapat diimplementasikan untuk mendukung kegiatan pariwisata dan ekonomi kreatif secara optimal sehingga dapat memberikan manfaat langsung terhadap masyarakat dan perekonomian nasional.(vie)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DPR

Tambahan Modal di Sektor Pariwisata harus Sesuai Pemulihan Sektor Lainnya

Published

on

Anggota Fraksi Partai Golkar Mukhamad Misbakhun (ist/net)
Continue Reading

Headline

Sumba Barat Diguncang Gempa

Published

on

Continue Reading

Ekonomi

KLHK Dukung Pemkab Konawe Kembangkan Ekowisata Taman Nasional RAW

Published

on

Wakil Menteri (Wamen) LHK Alue Dohong (ist/net)
Continue Reading
Loading...