Kades Sipaho Diduga Tilep Dana Desa, Puluhan Warganya Datangi Kantor Bupati Paluta - Realita Rakyat
Connect with us

Daerah

Kades Sipaho Diduga Tilep Dana Desa, Puluhan Warganya Datangi Kantor Bupati Paluta

Published

on

Realitarakyat.com – Puluhan warga Desa Sipaho, Kecamatan Halongonan, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), mendatangi kantor Bupati Paluta, Kamis (19/3/2020).

Warga desa yang berjumlah kurang lebih 50 orang ini, disambut oleh Kanit Reskrim Polsek Padang Bolak, Iptu Raden Saleh Harahap dan Satpol PP di pintu gerbang kantor Bupati Paluta, jalan Gunung Tua-Padang Sidempuan KM 2.

Diketahui, kedatangan puluhan warga Desa Sipaho ini, bermaksud menggelar aksi damai guna menyampaikan aspirasinya terkait permasalahan pelaksanaan pembangunan Dana Desa’ (DD) mulai tahun 2017 s/d 2019 yang dinilai tidak sesuai yang di rencanakan dan diduga banyak kejanggalan dan menjadi ajang korupsi sehingga menjadi polemik di masyarakat Desa Sipaho.

“Kehadiran kami untuk menyampaikan keluh kesah warga Desa Sipaho atas dugaan penyalah gunaan pembangunan Dana Desa tahun 2017 s/d 2019 sehingga sangat merugikan kami,” ungkap Kordinator aksi, Zainuddin Hasibuan.

Mereka meminta Bupati untuk dapat membantu menyelesaikan permasalahan masyarakat Desa dengan meminta agar bupati mencopot kepala desa Sipaho Sahrin Siregar dan mengangkat pelaksana jabatan sementara (PJS) desa.

Aksi Masyarakat desa Sipaho juga menyampaikan adanya dugaan penyimpangan dan pemindahan bangunan ke tempat perkebunan milik kepala desa yang tidak sesuai dengan hasil musdes yang seolah-olah dana desa yang di keluarkan pemerintah dari anggaran APBN milik peribadi sang kades dan meminta kepada bupati Paluta agar meninstruksikan inspektorat agar melakukan pengauditan terhadap pelaksanaan program dana desa Sipaho,ujar Zainuddin

Bupati Paluta Andar Amin Harahap S.STP.MSi.yang di Wakili Kabag Hukum Pemda Paluta Sugeng Siregar ya g di dampingi Kasad Pol PP Farman Hasibuan serta Kanitreskrim Polsek Padang Bolak Iptu Raden Saleh Harahap saat menemui masyarakat yang datang, secara bergantian warga Desa Kinipan menyampaikan aspirasinya melalui pengeras suara.

“Kami datang kesini dengan damai, tanpa senjata, kami hanya menuntut hak kami yang diduga telah dirampas Kades,” ungkap salah seorang pendemo lainnya.

Kabag Hukum Pemda Paluta Sugeng Siregar yang turun langsung berdialog dengan para masyarakat Desa Sipaho. meminta kepada masyarakat untuk menyampaikan aspirasi secara sopan dan damai.

“Kami sampaikan terima kasih kepada bapak ibu yang telah hadir, kami harap tetap menjaga sopan santun dan kedamaian dalam menyampaikan aspirasinya,” ungkapnya.

Sugeng Siregar dalam sambutannya mengatakan bahwa pihak Pemda Paluta sangatlah berterimakasih kepada masyarakat Desa Sipaho yang telah datang menyampaikan aspirasi atas keluhan dan apa yang terjadi dalam desa Sipaho yang menyangkut kepentingan masyarakat termasuk pelaksanaan program dana desa yang di duga banyak kejanggalan.

Sugeng juga meminta supaya tokoh masyarakat membuat laporan resmi dan disampaikan kepada pihak Pemda Paluta, yakni Inspektorat agar dapat dilakukan pemeriksaan dan pengauditan terhadap kejanggalan yang ada.

“Bila nantinya dugaan itu benar adanya, maka Insya Allah pihak Pemda akan menindaklanjuti dengan serius dan akan segera menyelesaikannya sesuai dengan peraturan yang ada,” tutup Sugeng.(Haryan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Daerah

Satpol Air Evakuasi 21 Orang TKI Ilegal Yang Terdampar di Pantai Kambilik

Published

on

Continue Reading

Daerah

Bayi Positif Corona Di Batam Meninggal Dunia

Published

on

Ilustrasi / Net
Continue Reading

Daerah

Diduga Terlibat Prostitusi Online , Polda Sulut Amankan 33 Orang

Published

on

Continue Reading
Loading...