Connect with us

Keluarga

Ini 7 Sinyal Tubuh Saat Kekurangan Zat Tertentu

Published

on

Realitarakyat.com – Kita sering tak sadar bahwa tubuh mengalami kekurangan zat tertentu sampai dokter memberitahunya. Padahal tubuh senantiasa memberikan pesan rahasia bahwa ia sedang kekurangan zat gizi.

Apa saja tanda-tanda yang biasanya diberikan tubuh ketika kekurangan zat tersebut? Cari tahu di sini, yuk!

1. Rambut Rontok dan Semakin Tipis Bisa Jadi Karena Kekurangan Zat Besi
Rambut Rontok dan Semakin Tipis Bisa Jadi Karena Kekurangan Zat BesiSHUTTERSTOCK
Kamu merasa sudah mengenakan sampo yang cocok namun mendadak rambut rontok atau menipis? Nah, bisa jadi bukan tidak cocok dengan sampo namun tubuh tengah memunculkan gejala kekurangan zat besi.
Menurut sebuah studi 2013 yang diterbitkan dalam Journal of Korean Medical Science, kekurangan zat besi, yang membantu memindahkan darah dan oksigen ke otak dan otot Anda, sebenarnya bisa menyebabkan rambut rontok. Kamu bisa coba konsumsi bayam atau makanan-makanan lain yang mengandung banyak zat besi.

2. Ketika Lidah Jadi Berubah Warna Merah Cerah itu Tanda Kurang Vitamin B12
Ketika Lidah Jadi Berubah Warna Merah Cerah itu Tanda Kurang Vitamin B12SHUTTERSTOCK
Salah satu cara tubuh menunjukkan jika tengah kekurangan vitamin B12 adalah dengan “menampilkan” lidah yang berwarna merah cerah. Biasanya, lidah akan terlihat ada bintik-bintik warna putih bukan. Hilangnya bintik-bintik tersebut dapat menunjukkan jika tubuh membutuhkan lebih banyak zat besi, folat, dan vitamin B12.
Vitamin B12 bisa didapatkan dengan mengonsumsi lebih banyak berbagai macam daging. Mulai dari daging sapi hingga ikan. Telur juga mengandung vitamin B12, lho.

3. Telapak Tangan atau Kaki Pucat Jangan Terlalu Disepelekan!
Telapak Tangan atau Kaki Pucat Jangan Terlalu Disepelekan!
Telapak tangan atau kaki biasanya akan terlihat sedikit kemerahan karena adanya peredaran darah. Ketika telapak terlihat lebih pucat, kamu patut untuk waspada lho. Biasanya hal tersebut menunjukkan jika tubuh kekurangan zat besi.
Tak hanya kurang zat besi, bisa jadi itu merupakan tanda kamu mempunyai anemia hingga penyakit Willis-Ekbom. Biasanya ketika zat besi rendah, kamu akan mudah kesemutan juga.

4. Tangan yang Dingin Salah Satu Tanda Kurang Vitamin B12
Tangan yang Dingin Salah Satu Tanda Kurang Vitamin B12
Ingat, vitamin B12 itu merupakan kunci membentuk sel darah merah. Ketika kekurangan, tentu banyak masalah-masalah yang muncul dari tubuh nih.
Kurangnya vitamin B12 bisa memunculkan penyakit anemia. Penyakit ini akan menyebabkan berkurangnya pasukan oksigen ke tubuh, sehingga bisa membuat tangan menjadi lebih dingin.

5. Bintik atau Garis Putih di Kuku Tanda Kurangnya Zinc dalam Tubuh
Bintik atau Garis Putih di Kuku Tanda Kurangnya Zinc dalam Tubuh
Pernah memperhatikan garis atau bintik putih yang tiba-tiba muncul di kuku? Hal tersebut memang bisa jadi karena gesekan dengan benda-benda tertentu. Namun, bisa juga sebuah tanda jika tubuh kekurangan zinc lho.

Zinc berfungsi untuk membantu tubuhmu memproduksi sel-sel baru. Kamu bisa mengatasi permasalahan ini dengan memakan daging merah atau yang berasal dari unggas.

6. Keinginan untuk Makan Es Batu Bisa Jadi Pesan dari Tubuh yang Kurang Zat Besi
Keinginan untuk Makan Es Batu Bisa Jadi Pesan dari Tubuh yang Kurang Zat Besi
Siapa suka minum es? Wajar kok, namun ketika kamu sampai berpikir untuk memakan es batu yang tersisa bisa jadi itu adalah tanda tubuh kekurangan zat besi. Orang yang kekurangan zat besi mempunyai sedikit oksigen di dalam darah.

Para peneliti percaya bahwa tindakan mengunyah es memicu respons di mana tubuh mengirim lebih banyak darah ke otak, yang dapat menghasilkan perasaan kewaspadaan yang lebih besar. Segera konsumsi makanan dengan zat besi tinggi, ya!

7. Salah Satu Ciri Kekurangan Vitamin A Adalah Mata Kering
Ketika kamu menyadari jika matamu sering terasa kering, bisa jadi tanda kekurangan vitamin A lho. Kekurangan vitamin A ini bisa berakibat fatal jika dibiarkan.
Tubuh yang kekurangan vitamin A dapat mengakibatkan kebutaan total. Sehingga, pastikan untuk mengonsumsi makanan dengan vitamin A cukup ya. Cukup mudah kok menemukan makanan mengandung vitamin A tinggi, hati, ikan, susu, telur, keju, ubi, wortel, brokoli, selada, dan banyak lagi.(vie)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Headline

Tidak terima Orangtuanya Pisah, Anak Gugat Ibu Kandung Gegara Mobil Fortuner dan Bercerai dengan Ayahnya

Published

on

Continue Reading

Headline

Din Syamsuddin Kembali Menikah, Kali Ini Dia Menikahi Cucu Pendiri Ponpes Gontor

Published

on

Din Syamsuddin melangsungkan pernikahan dengan Rashda Diana
Continue Reading

Headline

Ucapkan Selamat Hari Ibu, Jokowi Kenang Almarhumah Ibunda

Published

on

Continue Reading
Loading...