Connect with us

Headline

Sah, Jokowi Putuskan Tiadakan UN 2020

Published

on

Realitarakyat.com – Pandemi corona yang makin meningkat membuat Presiden Joko Widodo menutuskan untuk meniadakan Ujian Nasional (UN) Tahun 2020.

Keputusan itu diambil dalam rapat terbatas terkait pelaksanaan UN 2020 hari ini.

“Presiden Joko Widodo memutuskan meniadakan UN Tahun 2020 yang sebelumnya sudah ada kesepakatan UN dihapus mulai tahun 2021,” kata Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman melalui keterangan tertulisnya, Selasa (24/3/2020).

Fadjroel mengatakan keputusan membatalkan UN 2020 diambil sebagai respons merebaknya wabah virus corona. Pemerintah mengutamakan keselamatan dan kesehatan masyarakat.

Di sisi lain, kata Fadjroel, peniadaan UN juga salah satu penerapan kebijakan social distancing atau yang kini disebut physical distancing untuk mencegah penyebaran virus corona.

“UN ditiadakan untuk tingkat SMA atau setingkat Madrasah Aliyah, SMP atau setingkat Madrasah Tsanawiyah, dan Sekolah Dasar (SD) atau setingkat Madrasah Ibtidaiyah,” ujarnya.

Sebelumnya, rencana meniadakan UN 2020 telah disampaikan oleh Komisi X DPR yang bermitra dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Rencana ini dilakukan berkenaan dengan pandemi Covid-19.

Sementara opsi pengganti UN sendiri masih dikaji oleh DPR dan pemerintah. Dari keterangan Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda. keputusan ini diambil karena covid-19 diprediksi masih akan mewabah di Indonesia hingga April, waktu pelaksanaan UN.

Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) juga telah mengusulkan kepada pemerintah agar UN tahun ajaran 2019/2020 dibatalka karena dampak dari wabah virus corona (Covid-19) yang penyebarannya sudah hampir ke seluruh provinsi Indonesia.[prs]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Headline

Soal Kebakaran Kantor Kejagung,Bamsoet Ingatkan Proses Hukum Tersangka Harus Tegas dan Adil

Published

on

Continue Reading

DPD

Bertemu LaNyalla, pengusaha rokok keluhkan tingginya kenaikan cukai dan peredaran rokok ilegal

Published

on

Continue Reading

Headline

Perlu Sosialisasi Berskala Nasional untuk Tingkatkan Pemahaman Masyarakat soal Kanker

Published

on

Continue Reading
Loading...