Connect with us

Politik

Kemendes PDTT Bentuk Relawan Desa Tanggap Covid-19

Published

on

Warga Desa Melakukan Penyemprotan Disinfektan pada Masjid dengan Alat Pelindung Diri seadanya

Realitarakyat.com – Kementerian Desa, Pembangunan Daerah dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) meminta kepada seluruh desa yang tersebar diseluruh Indonesia untuk membentuk desa tanggap Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Hal ini tertuang dalam Surat Edaran Nomor 8 Tahun 2020 tentang Desa Tanggap Covid-19 dan Penegasan Padat Karya Tunai Desa. Surat edaran ini jadi acuan dalam pelaksanaan Desa Tanggap Covid-19 dan pelaksanaan Padat Karya Tunai Desa (PKTD) dengan menggunakan dana desa.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar mengatakan, pembentukan desa tanggap Covid-19 tersebut sebagai upaya untuk pencegahan dan penanganan terhadap virus corona yang wabahnya perlahan-lahan mulai merambah hingga ke desa.

“Dalam Desa Tanggap Covid-19 ini yang pertama membentuk relawan desa untuk covid-19, yang kedua melakukan pencegahan setelah mengenali gejalanya, yang ketiga menangani ketika ditemukan kasus dan yang ke keempat mengantisipasi secara terus menerus dengan berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah,” kata Abdul Halim yang akrab di sapa Gus Menteri ini.

Gus Menteri menjelaskan bahwa tim relawan yang bertugas harus memahami gejala covid-19 sebelum melakukan sosialisasi atau melakukan pencegahan dan penanganannya.

“Lakukan sosialisasi dengan berbagai cara yang tidak menciptakan kerumunan. Seperti membagikan flyer atau selebaran kertas tentang pemahaman Covid-19, memberikan pemahaman dengan mobil keliling atau dengan menggunakan speaker mesjid. Silahkan saja, caranya seperti apa, asal menciptakan kerumunan,” katanya.(vie)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Politik

Hasilkan Pilkada Berkualitas, PNS harus Netral

Published

on

ist/net
Continue Reading

Nasional

Megawati Pertanyakan Kadernya Mengapa Terus Pilih Dia Jadi Ketum PDIP

Published

on

ist/net
Continue Reading

Headline

Anggota Wantimpres Mardiono Tertarik Ikut Pencalonan Ketum PPP pada Muktamar IX

Published

on

Continue Reading
Loading...