Connect with us

Nasional

1.600 Personel Gabungan Akan Amankan Pemakaman Ibunda Jokowi

Published

on

Realitarakyat.com – Sekitar 1.600 personel gabungan TNI/Polri dikerahkan untuk menjaga kelancaran rangkaian pemakaman ibunda Presiden Joko Widodo, Sudjiatmi Notomihardjo.

Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol. Rycko Amelza Dahniel menyatakan tidak akan ada penyekatan khusus berkaitan dengan pengamanan prosesi pemakaman.

Ia menjelaskan bahwa pengamanan akan di sekitar rumah duka, sepanjang jalan menuju tempat pemakaman, serta lokasi pemakaman.

“Pengamanan VVIP ini yang disebut pengamanan waskita,” kata Kapolda kepada wartawan di sekitar jalan masuk ke kediaman Presiden di Banyuanyar, Kota Solo, Rabu (25/3/2020) malam.

Pengamanan dilakukan di sekitar rumah duka Jalan Pleret Raya, Sumber, Banjarsari, Solo. Kemudian jalan sekitar rumah duka dan rute perjalanan hingga ke pemakaman. Jenazah rencananya dimakamkan di Desa Mundu, Kecamatan Gondangrejo, Karanganyar.

Petugas pengamanan juga disiagakan untuk mengantisipasi banyaknya warga yang ingin melayat. Namun sejak malam ini, Jokowi sudah mengimbau agar masyarakat tetap berada di rumah.

“Para pelayat yang akan hadir cukup mendoakan dari rumah saja. Itu sudah jauh lebih dari cukup. Ini saja yang hadir hanya keluarga yang sangat dekat, tidak semua,” ujar Rycko.

Sementara itu, Pangdam IV/ Diponegoro Mayjen TNI M. Effendi menambahkan bahwa keluarga besar Presiden Joko Widodo juga telah menyampaikan pesan agar masyarakat tidak perlu datang untuk melayat langsung.

“Mengingat kondisi saat ini, diimbau agar penghormatan terakhir dilakukan dari rumah masing-masing saja,” kata Pangdam.

Menurut dia, untuk memutus mata rantai penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19), physical distancing diminta agar diterapkan.

Sudjiatmi Notomihardjo meninggal dunia pada usia 77 tahun karena penyakit kanker.

Jenazah almarhumah rencananya dimakamkan di Pemakaman Keluarga Mundu, Selokaton, Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Kamis (26/3) pada pukul 13.00 WIB.[prs]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Headline

Mandiri AXA Dorong Perlindungan Petani Dengan Asuransi Indeks Cuaca

Published

on

Continue Reading

Headline

Luar Biasa, Per hari ini Sabtu 19 September pasien Covid Bertambah 4.168 kasus Total Menjadi 240.687 orang

Published

on

Continue Reading

Headline

Mendes PDTT Abdul Halim  Tercapainya SDGs Desa

Published

on

Continue Reading
Loading...