Connect with us

Daerah

Kabupaten Gunung Kidul Mulai Panen Palawija

Published

on

Realitarakyat.com – Petani palawija di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta sedang menggelar panen raya. Beberapa produk pertanian yang dipanen adalah kacang tanah dan jagung. Panen ini merupakan panen kedua setelah sebelumnya para petani juga memanen komoditi yang sama dengan hasil yang memuaskan.

Menteri Syahrul Yasin Limpo meminta Kementerian Pertanian memastikan petani memperoleh harga jual yang layak, sehingga terjaga kesejahteraannya.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunung Kidul, Bambang Wisnu Broto menyampaikan bahwa kacang dan jagung adalah dua komoditas unggulan Gunung Kidul yang menjadi andalan kebutuhan nasional.

“Walaupun panennya musim hujan yang tidak menentu, tapi kita harus bersyukur bahwa hasil ini cukup memuaskan. Tentu ke depan, kita akan pacu lagi dengan berbagai program yang ada agar hasil panennya meningkat,” ujar Bambang, harii ini,

Dikatakan Bambang, hasil ubinan kacang yang dihasilkan petani kurang lebih mencapai 16,5 kuintal wose per hektare yang ditanam di atas lahan monokultur seluas 50 hektare.

“Sedangkan untuk jagung ubinan yang ditanam dengan metode tumpang sari di lahan 146 Hektar totalnya mencapai 11 kilogram tongkol atau sekitar 9,8 ton pipil kering per hektare,” katanya.

Mengenai hal ini, Sekretaris Direktorat Jenderal Tanaman Pangan Kementan, Bambang Pamuji mengapresiasi hasil panen kacang dan jagung di Kabupaten Gunung Kidul. Menurut dia, hasil panen tersebut masuk kategori bagus dengan level diatas rata-rata.(vie)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Daerah

Pertamina tingkatkan kapasitas produksi petani kopi Bener Meriah

Published

on

Continue Reading

Daerah

Kehilangan Spirit, Kajari Ende Dituding Biarkan Korupsi Tumbuh Subur

Published

on

Continue Reading

Daerah

MUI Lebak : Orang Tua Tega Bunuh Anak Kandung Akibat Kurang Pemahaman Agama

Published

on

Continue Reading
Loading...