Connect with us

Ekonomi

KKP Percepat Penyaluran KUR

Published

on

Realitarakyat.com – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) akan mengoptimalkan peran penyuluh perikanan (pendamping) dalam mempercepat penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Plafon KUR yang dikucurkan pemerintah tahun ini melalui perbankan dan lembaga keuangan lainnya nilainya Rp 190 triliun dengan suku bunga 6 persen. Dari nilai tersebut, pelaku usaha kelautan dan perikanan dapat meminjam hingga Rp 50 juta tanpa agunan.

Skema pembiayaan usaha dari perbankan ini diharapkan mampu menjadi stimulus bagi masyarakat untuk menggeluti dan mengembangkan usaha kelautan dan perikanan dalam negeri.

Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) KKP, Nilanto Perbowo menyebut, setidaknya ada empat tugas penyuluh perikanan atau pendamping dalam mempercepat penyaluran KUR.

Salah satunya, adalah melakukan penjaringan calon-calon debitur dari pelaku usaha potensial yang membutuhkan pembiayaan dan siap dibiayai oleh penyalur kredit program, serta pendampingan mulai dari penyusunan proposal hingga penyelesaian kewajibannya.

“Pendamping ini juga akan melakukan monitoring, evaluasi, dan membuat laporan agar apa yang dikerjakan terukur sehingga bisa dijadikan sebagai bahan perbaikan kebijakan kedepannya ,” kata Nilanto saat memaparkan materi Arah Kebijakan Ditjen PDSPKP 2020-2024 melalui video conference kepada Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo.(vie)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ekonomi

Wujudkan Pertumbuhan Wirausaha Baru di Kalangan Generasi Muda, Kemenkop Gandeng Dinas Koperasi Kota Bandung

Published

on

Continue Reading

Bekasi

Pemkab Bekasi Hapus Denda PBB hingga 30 Oktober 2020

Published

on

Continue Reading

Ekonomi

Airlangga : Dukung Ekonomi di Tengah Pandemi, Pemerintah Andalkan Pilkada hingga APBN

Published

on

Continue Reading
Loading...