Connect with us

Nasional

Saat Ini Sudah ada 208 Pasien Covid 19 Dirawat di Wisma Atlet

Published

on

Realitarakyat.com – Jumlah pasien virus corona (Covid-19) yang dirawat di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat mencapai 208 pasien. Dari jumlah tersebut, 14 di antaranya positif corona. Pangdam Jaya Mayjen TNI Eko Margiyono mengatakan, data tersebut berdasarkan catatan pada Kamis (26/3/2020) pagi. Sejak pertama kali beroperasi Senin, 23 Maret 2020, jumlah pasien yang berdatangan ke Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet terus bertambah.

“Total sampai dengan pagi ini mencapai 208 pasien. Hari pertama tanggal 24 Maret pagi itu, 74 pasien, kemudian tanggal 25 Maret pagi itu 178, dan pagi ini sudah mencapai 208 pasien,” katanya di Graha BNPB Jakarta, Kamis (26/3/2020).

Dari 208 orang tersebut, Eko memaparkan, sebanyak 121 berjenis kelami laki-laki dan sisanya 87 merupakan perempuan. “Positif covid-19 14 orang, PDP 146 orang dan ODP 48 orang,” ujarnya.

Eko memastikan pasien yang dapat dirawat di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet bukan anak-anak. Menurut dia, pemerintah menerapkan batasan usia pasti, yakni pasien dengan usia di atas 15 tahun.

“Jadi untuk anak-anak kami tidak menerima,” ucapnya.

Kriterianya orang dalam pemantauan (ODP) yang usianya lebih dari 60 tahun, lalu penyakit penyerta (komorbid) terkontrol dan self handling. Sedangkan untuk pasien dalam pengawasan (PDP), memiliki keluhan ringan, sesak ringan sampai sedang, usia lebih dari 15 tahun.

“Pasien positif virus corona yang dirawat di sini adalah usia lebih dari 15 tahun, keluhan sesak ringan sampai sedang, komorbid tidak ada,” ucapnya.

Ekko menuturkan, apabila ada pasien memiliki keluhan atau gejala ringan, namun membawa penyakit komplikasi lain, pihaknya akan merujuk pasien tersebut ke rumah sakit rujukan, seperti Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso dan Runah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan.

Itu juga akan kita rujuk, karena rumah sakit ini tidak didesain untuk menangani penyakit yang lain,” kata Eko.

Sebelumnya diberitakan, Pengamanan di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta diperketat. Pengamanan tersebut menyusul banyaknya pasien virus corona (“covid-19) yang dirawat.

“Khusus untuk Kemayoran, Senin kemarin sudah saya infokan kepada Kapolda Metro dan Pangdam untuk tingkatkan pengamanan dan imbauan untuk tidak mendekat di Ring I,” ujar Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) I Laksamana Madya TNI Yudo Margono di Jakarta, Rabu (25/3/2020).(ilm)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Headline

Mandiri AXA Dorong Perlindungan Petani Dengan Asuransi Indeks Cuaca

Published

on

Continue Reading

Headline

Luar Biasa, Per hari ini Sabtu 19 September pasien Covid Bertambah 4.168 kasus Total Menjadi 240.687 orang

Published

on

Continue Reading

Headline

Mendes PDTT Abdul Halim  Tercapainya SDGs Desa

Published

on

Continue Reading
Loading...