Dialokasikan untuk Tangani Covid-19, Bupati Sabu Raijua Pangkas Perjalanan Dinas ASN - Realita Rakyat
Connect with us

Daerah

Dialokasikan untuk Tangani Covid-19, Bupati Sabu Raijua Pangkas Perjalanan Dinas ASN

Published

on

ilust/net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Bupati Sabu Raijua Drs. Nikodemus Rihi Heke, M.Si mengambil langkah tegas dengan melakukan rasionalisasi anggaran perjalanan dinas seluruh pejabat dan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan kegitan belanja lainnya yang dianggap tidak urgen untuk dilaksanakan demi pencegahan Covid-19 di Kabupaten Sabu Raijua (Sarai).

Kegiatan lain yang dimaksud yakni  kegiatan yang tidak urgen seperti diklat-diklat atau kegiatan sejenisnya bisa ditunda lain waktu.

“Saat ini, tidak ada yang lebih penting selain kita harus selamatkan masyarakat dan daerah ini dari serangan virus corona yang semakin cepat menular kemana-mana, dan bisa merenggut nyawa manusia dengan sia-sia, termasuk nyawa kita-kita ini,” kata Bupati Sabu Raijua, Nikodemus Rihi Heke, Jumat (27/03/2020).

Rihi Heke mengatakan, refocusing anggaran atau penggunaan anggaran dialokasikan untuk membiayai program yang lebih diutamakan atau difokuskan pada kegiatan urgen yaitu penanggulangan dan pencegahan penularan virus corona yang semakin masif penyebarannya.

“Kita harus mengambil tindakan sesegera mungkin untuk mengambil langkah-langkah yang cepat, tepat, fokus dan terpadu serta bersinergi dengan semua unsur yang terkait, juga besama masyarakat,” katanya.

Menurutnya, hal lain yang menjadi perhatiannya adalah masalah ketersediaan cadangan beras untuk mengantisipasi kondisi darurat. Bupati memerintahkan Plt. Kepada Dinas Sosial Sabu Raijua, Dagerlyn Lay Rihi, S.Km, untuk lakukan koordinasi dengan Perum Bulog.

Bupati Rihi Heke mengatakan, pemerintah akan memperhatikan aktifitas jam buka pasar dan juga pertokoan untuk pembatasan waktu buka dan tutup sesuai dengan jam yang akan ditentukan nanti.

“Kita akan terus mengawasi kestabilan harga-harga barang jualan agar tidak ada yang memanfaatkan situasi, selain itu tetap menjaga agar produksi tetap terjaga, dan tetap berjalan seperti aktifitas pertanian para petani, nelayan dan kegiatan ekonomi pada aktifitas jenis usaha informal masyarakat lainnya,” ujar Rihi Heke.

Selain itu, kata Rihi Heke,  meminta Kepala Bank NTT Cabang Sabu Raijua, untuk menempuh kebijakan dengan melakukan kelonggaran kredit kepada nasabah dalam situasi ekonomi yang sulit akibat pandemi Covid-19.

Ia juga mintakan Plt. Kepala Dinas Kesehatan Sabu Raijua Maria Latupeirisa, agar sesegera mungkin melakukan koordinasi dan percepatan alat penaggulangan Covid-19 berupa N 95, APD dan Rapid Test agar segera didatangkan dan digunakan di Sabu Raijua.

“Tentang pengadaan barang dan jasa yang sudah dilelang, supaya mulai dilakukan pengerjaanya, tetapi mana yang tidak bisa dilaksanakan supaya dipending saja,” ujarnya.(vie)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Daerah

Bupati-Wali Kota se-Bali Sepakat Tatanan Era Baru Dimulai Besok 9 Juli 2020

Published

on

Continue Reading

Daerah

Pasien Covid-19 di Semarang Raya Melonjak, Ganjar: Saya Usul RS Arisan Ruang ICU

Published

on

Continue Reading

Daerah

Warga Lempari Bom Molotov ,Tambang Pasir Makassar New Port Disetop

Published

on

Continue Reading
Loading...