Kabupaten Rembang Ditetapkan KLB Covid-19 Mulai Sabtu Pukul 16.30 WIB - Realita Rakyat
Connect with us

Daerah

Kabupaten Rembang Ditetapkan KLB Covid-19 Mulai Sabtu Pukul 16.30 WIB

Published

on

Realitarakyat.com – Virus corona kini telah menjadi pandemi di berbagai daerah di Indonesia. Tak pandang bulu, virus ini bahkan telah menyerang sejumlah tokoh publik, pejabat hingga warga biasa.

Beberapa daerah sudah ditetapkan berstatus Kejadian Luar Biasa ( KLB) dan kini Kabupaten Rembang. “Dengan adanya satu kasus positif, maka Kabupaten Rembang dinyatakan KLB,” demikian disampaikan Bupati Rembang H.Abdul Hafidz saat jumpa Pers, di Kantor Pemkab Rembang, Sabtu (28/3/2020) sore.

Sejak Hari Sabtu 28 Maret 2020, Pukul 16.30 WIB Bupati Abdul Hafidz memutuskan Kabupaten Rembang ditetapkan sebagai KLB. Ada enam Pokja yang akan bekerja utuk penyelesaian penanganan Covid – 19.

Dasar yang kami pedomi ialah UU Nomor 4 Tahun 1994 tentang Wabah Penyakit Menular, UU Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana, UU Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan, Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 82 Tahun 2014 tentang Penanggulangan Penyakit Menular, Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 20 Tahun 2020 tentang Percepatan Penanganan Covid – 19., dam yang terakhir berdasarkan Permenkes 949/Menkes/SK 7/2004 tentang Pedoman Penyelenggaraan Kewaspadaan Dini (KLB)

“Dari dasar inilah keputusan yang kuat tentang KLB Masyarakat harus bisa memaklumi dan memahami secara utuh, masyarakat pasti ada yang setuju dan ada yang tidak, tapi saya pastikan bahwa tujuan yang sangat mulia untuk menyelamatkan masyarakat kita,” terang Bupati

“Anggaran yang sudah direncanakan 7,6 miliar yang akan diambil dari pos belanja perjalanan dinas semua pejabat SKPD atau DPRD. 25 persen dari pos perjalan dinas akan kami arahkan untuk memback-up KLB ini,” ucapnya

“Dengan demikian juga anggaran untuk acara Hari Kartini dipergunakan untuk penanganan KLB, tentu kita diperbolehkan mengalihkan dalam keadaan darurat(Force Majeure). Maka kami tidak khawatir tentang sumber anggaran untuk memback-up KLB ini.

Dan untuk KLB sendiri digunakan untuk seluruh Kabupaten Rembang, tidak ada perbedaannya,” pungkasnya.(vie)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Daerah

Gubernur Jabar Prihatin Pembatalan Keberangkatan Haji Tahun Ini

Published

on

foto: ist/net
Continue Reading

Daerah

Jelang New Normal, Sekda Kota Bandung Cek Kesiapan Pusat Perbelanjaan

Published

on

foto: ist/net
Continue Reading

Daerah

Di Bogor Ada 23 Desa yang Berisiko Tinggi Penularan COVID-19, Ini Catatan BIG

Published

on

foto: ist/net
Continue Reading
Loading...