Mantan Kadis PU TTS Dan Bekas Anggota DPRD NTT Divonis 1 Tahun Penjara - Realita Rakyat
Connect with us

Daerah

Mantan Kadis PU TTS Dan Bekas Anggota DPRD NTT Divonis 1 Tahun Penjara

Published

on

image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Pengadilan Tipikor Kupang kembali menggelar sidang kasus dugaan korupsi pembangunan Embung Mnela Lete, di Desa Mnela Lete, Kecamatan Amanuban Barat, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) Tahun 2015 senilai Rp. 756 juta, Selasa (31/3/2020).

Sidang kali ini beragendakan pembacaan putusan untuk terdakwa Mantan Kadis PU TTS, Samuel Nggebu yang didampingi kuasa hukumnya, Samuel Adoe dan Bildat Tonak. Dan, terdakwa Jefri Un Banunaek (bekas anggota DPRD NTT) didampingi kuasa hukumnya, Novan Manafe dan Petrus Ufi.

Sidang dipimpin majelis hakim, Dju Jhonson Mira Mengngi didampingi hakim anggota, Ari Prabowo dan Ali Muhtarom. Turut hadir JPU, Mourist Kolobani dan Khusnul Fuad.

Dalam amar putusan majelis hakim menegaskan bahwa kedua terdakwa telah terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi dengan cara melawan hukum untuk menguntungkan diri sendiri, orang lain atau suatu korporasi dengan merugikan keuangan negara.

Untuk itu, kedua terdakwa Samuel Nggebu mantan Kadis PU TTS dan Jefri Un Banunaek divonis selama 1 tahun penjara dan kedua terdakwa juga diwajibkan untuk membayar denda sebesar Rp50 juta subsidair 1 bulan kurungan.

” kedua Terdakwa dinyatakan terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi sehingga divonis selama 1 tahun penjara dan membayar denda sebesar Rp50 juta subsidair 1 bulan kurungan,” tegas hakim.

Untuk terdakwa Jefri Un Banunaek diwajibkan untuk membayar uang pengganti kerugian negara sebesar Rp509 ribu subsidair 1 bulan kurungan sedangkan mantan Kadis PU TTS tidak dikenakan uang pengganti kerugian negara karena dinilai tidak menikmati uang proyek tersebut.

Ditegaskan hakim, dalam perkara tersebut tidak ada alasan pemaaf yang dapat menghapus perbuatan terdakwa dan hal-hal yang memberatkan yakni bertentangan dengan program pemerintah dalam memberantas korupsi.

Sedangkan, hal-hal yang meringankan bagi terdakwa yakni bersikap sopan selama persidangan berlangsung. Dan, terdakwa tidak pernah dihukum.

Menurut hakim, perbuatan kedua terdakwa telah terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi sebagaimana telah diatur dan diancam dalam pasal 3 ayat 1 Jo Pasal 18 UU 31/99 sebagaimana diubah dan ditambah dengan undang – undang 2000/2001 jo pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP.(rey)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Daerah

Bupati Labuhan Batu Dilaporkan Pegawainya Ke Polda Sumutra Utara

Published

on

Bupati Labuhanbatu Andi Suhaimi Dalimunthe
Continue Reading

Daerah

Sidang Pendeta Cabul Digelar Besok, 7 Saksi Bakal Dihadirkan

Published

on

, pendeta Hanny Layantara
Continue Reading

Daerah

200 Siswa Secapa TNI AD Positif Corona, Warga di Sekitar Tolak Rapid Test

Published

on

Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Bandung, Ema Sumarna
Continue Reading
Loading...