Connect with us

Kesehatan

Meleset dari Target, Pembangunan RS Covid-19 di Pulau Galang Selesai 5 April

Published

on

Foto: Humas KemenPUPR

Realitarakyat.com – Pembangunan RS khusus Covid-19 di Pulau Galang, Batam, meleset dari rencana semulai yaitu selesai 28 Maret 2020. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan, pembangunan fasilitas observasi/penampungan/karantina untuk pengendalian infeksi penyakit menular, utamanya COVID-19 (Corona) itu sudah 92% selesai dan hampir final.

“Semula fasilitas ini ditargetkan selesai pada tanggal 28 Maret 2020, namun karena kendala faktor pengiriman barang, termasuk material konstruksi, akibat cuaca buruk, maka target penyelesaian bergeser menjadi tanggal 5 April 2020. Target ini disesuaikan dengan memperhatikan keterlambatan pengiriman material, pemasangan instalasi kesehatan, dan mobilisasi petugas medis,” demikian keterangan dari laman resmi Kementerian PUPR yang dilansir Selasa (31/3/2020).

Rencana kapasitas tampung Fasilitas Penampungan/Karantina/Observasi adalah 1.000 tempat tidur. Pada Tahap I akan dibangun 2 gedung bertingkat 2 untuk menampung 340 tempat tidur yang diprioritaskan untuk diselesaikan terlebih dahulu sebanyak 240 tempat tidur untuk orang Dalam Pengawasan (ODP) dan 100 tempat tidur untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Adapun 340 tempat tidur tersebut merupakan fasilitas observasi non ICU, sedangkan 20 tempat tidur lainnya merupakan fasilitas ICU. Sisanya 640 tempat tidur akan dilaksanakan pembangunan fasilitasnya pada tahap II.

Berdasarkan Rapat Koordinasi antara Kementerian PUPR, TNI, Kontraktor BUMN & Konsultan Manajemen Konstruksi pada Minggu, 29 Maret 2020 bahwa kelengkapan furniture akan masuk ke fasilitas ex-Sinam mulai Minggu, 29 Maret 2020. TNI akan mengelola dan mulai menempatkan petugas medik Rabu, 1 April 2020.(vee)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kesehatan

Kegiatan Kampanye Daring Menurun, Bawaslu Dorong Penguatan Prokes

Published

on

ist/net
Continue Reading

Kesehatan

Sosialisasi Protokol Kesehatan, Kodam Jaya Libatkan Emak-emak

Published

on

ist/net
Continue Reading

Kesehatan

Tingkatkan Gizi, Kementan Ajak Masyarakat Konsumsi Daging Ayam

Published

on

ist/net
Continue Reading
Loading...