Imbas Covid-19, KY Manfaatkan Aplikasi Konferensi Video untuk Lantik PNS Baru - Realita Rakyat
Connect with us

Nasional

Imbas Covid-19, KY Manfaatkan Aplikasi Konferensi Video untuk Lantik PNS Baru

Published

on

foto: ist/dok humas KY

Realitarakyat.com – Sekretaris Jenderal Komisi Yudisial (KY), Tubagus Rismunandar Ruhijat, secara resmi melantik 21 orang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2018 untuk diangkat menjadi PNS dan 1 orang pejabat fungsional analis anggaran, di Auditorium KY, Jakarta, Rabu (1/4/2020).

Pengambilan sumpah dan pelantikan kali ini, agak berbeda karena tidak dilakukan secara langsung, melainkan dengan metode jarak jauh dengan memanfaatkan konferensi video (video conference) melalui aplikasi zoom.

Hal ini tidak terlepas dari kebijakan ‘physical distancing’ dari pemerintah untuk mencegah semakin meluasnya penyebaran virus Covid-19.

Mengikuti anjuran pemerintah untuk meminimalisir pertemuan karena pandemik Covid-19, hanya 4 orang dari 21 CPNS yang hadir secara langsung untuk diambil sumpahnya di Auditorium KY. Sedangkan sisanya mengikuti dari kediaman masing-masing dengan sambungan konferensi video.

“Pelantikan kali ini berbeda, karena dilakukan melalui aplikasi konferensi video. Hal ini tidak terlepas dari kebijakan ‘physical distancing’ dari pemerintah untuk mencegah semakin meluasnya penyebaran virus Covid-19,” ujar Kepala Biro Umum, Supriatna.

Menurut dia, teknis pelaksanaan pelantikan untuk PNS tahun pengadaan 2018 dan pejabat fungsional yang terlaksana hari ini telah dikonsultasikan dengan Badan Kepegawain Negara (BKN) yang menyarankan agar dilakukan melalui metode jarak jauh.

“Sebagai gambaran singkat bahwa pelantikan pejabat fungsional analis anggaran ahli pertama merupakan tahapan akhir atas proses penyesuaian atau inpassing jabatan tersebut yang telah dimulai pada semester kedua tahun 2019. Sedangkan Pelantikan PNS tahun pengadaan 2018 pada hari ini bertepatan dengan masa kerja CPNS selama 1 tahun berdasarkan Surat Perintah Melaksanakan Tugas (SPMT) yang mereka terima pada April 2019,” jelas Supriatna. (ndi)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Nasional

Anang Hermansyah Minta Pemerintah Agar Merumuskan Skema Pola Hidup Baru

Published

on

Continue Reading

Headline

Update 28 Mei: Pasien Positif Covid-19 Bertambah 687 Jadi 24.538 Orang, 6.240 Sembuh, 1.496 Meninggal

Published

on

Continue Reading

Nasional

Gelar Ratas, Presiden Jokowi : Pemerintah Harus Antisipasi Pergeseran Trend Pariwisata Usai Covid-19

Published

on

Continue Reading
Loading...