Indonesia Gabung Riset 'Solidarity Trial' WHO untuk Covid-19 - Realita Rakyat
Connect with us

Kesehatan

Indonesia Gabung Riset ‘Solidarity Trial’ WHO untuk Covid-19

Published

on

ilust/net

Realitarakyat.coom – Pemerintah Indonesia bergabung dalam Solidarity Trial yang dilakukan oleh World Health Organization (WHO). Ini merupakan salah satu langkah untuk memperbaiki upaya pelayanan kesehatan dan menurunkan angka kematian pada pasien Covid-19 di Indonesia.

Selain Indonesia, tercatat sebanyak lebih dari 45 negara lainnya juga berpartisipasi pada riset tersebut, dan jumlah tersebut akan terus bertambah. Perwakilan WHO untuk Indonesia, Dr. Navaratnasamy Paranietharan, menyambut baik kesediaan Indonesia tersebut yang dinilainya akan menjadi kontribusi penting Indonesia dalam upaya global untuk mempercepat penemuan obat yang efektif dalam penanganan Covid-19.

Solidarity Trial merupakan suatu program WHO untuk melakukan pengujian klinik terhadap 4 alternatif terapi Covid-19 yang sudah dilakukan selama ini, yaitu remdesivir, gabungan lopinavir/ritonavir, gabungan lopinavir/ritonavir ditambah interferon (1b), dan chloroquine.

Riset ini dilaksanakan untuk mendapatkan bukti klinis yang lebih kuat dan valid terhadap efektifitas dan keamanan terbaik terhadap pasien Covid-19 dan didesain secara khusus untuk mempersingkat waktu yang diperlukan untuk menghasilkan bukti yang kuat terhadap 4 alternatif terapi tersebut tanpa mengesampingkan prinsip-prinsip Cara Uji Klinis yang Baik/Good Clinical Practice (CUKB/GCP).

Untuk memastikan bahwa pelaksanaan Solidarity Trial di Indonesia dilakukan sesuai standar, Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan, akan secara langsung terlibat dalam mengkoordinasikan pelaksanaan riset ini.

Kepala Balitbangkes Kementerian Kesehatan, dr. Siswanto, MHP, DTM, menjelaskan bahwa sejak tanggal 20 Maret 2020, Kementerian Kesehatan telah menyampaikan kesediaan Indonesia untuk bergabung dalam Solidarity Trial yang awalnya untuk berpartisipasi pada pengujian klinik remdisivir. Namun sesuai dengan hasil pembahasan lebih lanjut dengan WHO, Indonesia kini siap berpartisipasi pada Riset untuk 4 alternatif terapi yang dikembangkan WHO.
Lebih lanjut dr. Siswanto juga menegaskan bahwa

“Indonesia siap berpartisipasi aktif pada riset 4 alternatif terapi Covid-19 dalam Solidarity Trial WHO,” katanya, dalam keterangan di laman Kemnkes, hari ini. Melalui partisipasi aktif ini diharapkan dapat segera ditemukan alternatif terbaik dalam perawatan pasien Covid-19 di Indonesia.(vee)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kesehatan

Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis Perintahkan Perpanjang Operasi Ketupat 2020

Published

on

Continue Reading

Kesehatan

New Normal, Ini Protokol Kesehatan di Sektor Jasa dan Perdagangan

Published

on

Continue Reading

Kesehatan

Inilah 5 Makanan yang Bisa Membantu Tubuh untuk Tetap Hidrasi

Published

on

Continue Reading
Loading...