Bandung Selatan Banjir, Sodetan Cisangkuy Selesai 2020 Akhir - Realita Rakyat
Connect with us

Daerah

Bandung Selatan Banjir, Sodetan Cisangkuy Selesai 2020 Akhir

Published

on

Realitarakyat.com – Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil meninjau lokasi banjir di kawasan Bandung Selatan, Rabu (1/4/2020). Daerah terdampak tersebar di tiga kecamatan yakti Baleendah, Dayeuhkolot dan Bojongsoang.

Untuk mengatasi banjir di kawasan ini, Ridwan Kamil berharap proyek Sodetan Cisangkuy bisa segera diselesaikan. Mengingat proyek itu diadakan agar air bisa cepat surut saat hujan tiba.

“Curug Jompong sudah dimaksimalkan, ini hanya bisa dikurangi kalau Sodetan Cisangkuy selesai. Tapi memang masih dikerjakan, target (selesai) Sodetan Cisangkuy akhir tahun ini selesai. Mudah-mudahan bisa kita percepat,” katanya.

Emil panggilan karib untuk Ridwan Kamil menjelaskan agar proyek sodetan Cisangkuy cepat selesai, tim dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sudah merapatkan proses percepatannya.

Menurut Emil, karena Sodetan Cisangkuy selesai, maka air tidak akan datang ke kawasan yang telah menjadi langganan banjir ini lagi.

“Tapi karena proyek konstruksi itu butuh waktu, memang masih ada kendala, kami mohon maaf. Mudah-mudahan secepatnya selesai Sodetan Cisangkuy melengkapi Curug Jompong,” ucapnya.

“Memang (proyek infrastruktur pengendali banjir) belum bisa seratus persen selesai, menunggu dua urusan lagi, Sodetan Cisangkuy dan danau baru yang ada di Kecamatan Andir yang proses tahun ini juga konstruksi,” pungkasnya.

9.285 Rumah Kebanjiran

BPBD Kabupaten Bandung melaporkan banjir telah merendam sebanyak 9.285 rumah di wilayah Kabupaten Bandung, Selasa (31/3/2020). Banjir tersebut juga berdampak pada 56.251 jiwa.

Banjir memaksa sedikitnya 315 jiwa yang terdiri dari 24 balita dan 28 lansia mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Berdasarkan laporan Juru Bicara BNPB, Agus Wibowo, Kecamatan Dayuehkolot menjadi wilayah yang paling parah terdampak banjir.

Sebanyak 19.696 jiwa yang terbagi di tiga desa yakni Desa Dayeuhkolot, Desa Citeureup dan Kelurahan Pasawahan terdampak banjir sejak Senin (30/3/2020).

Banjir di Dayeuhkolot juga merendam sebanyak 4.092 rumah, 8 tempat ibadah dan 2 sekolah, dengan rata-rata tinggi muka air sekitar 10-280 sentimeter. Banjir tersebut memaksa 3111 jiwa mengungsi.

Kemudian di Kecamatan Baleendah terdapat 20.518 jiwa yang tinggal di Kelurahan Andir dan Baleendah terdampak banjir. Sebanyak 4.439 rumah, 26 sekolah dan 38 tempat ibadah terendam banjir dengan rata-rata TMA 20-290 sentimeter di wilayah tersebut. (ris)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Daerah

Api Melalap Sejumlah Rumah di Cilincing Jakarta Utara

Published

on

Continue Reading

Daerah

Sekdakot Tidore Meninggal Dunia Akibat Covid 19

Published

on

Continue Reading

Daerah

Anies Silaturahmi Virtual Rayakan Lebaran di Tengah COVID-19

Published

on

Continue Reading
Loading...