Dalam Sebulan 11 Dokter Meninggal Karena Covid-19, DPR Minta Pemerintah Penuhi Kebutuhan APD Tenaga Medis - Realita Rakyat
Connect with us

DPR

Dalam Sebulan 11 Dokter Meninggal Karena Covid-19, DPR Minta Pemerintah Penuhi Kebutuhan APD Tenaga Medis

Published

on

image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Pemerintah harus segera meningkatkan pemenuhan kebutuhan alat pelindung diri (APD) bagi tenaga medis yang sedang berjuang menangani pasien virus corona jenis baru atau Covid-19.

Demikian dikatakan anggota Komisi IX DPR RI Kurniasih Mufidayati dalam keterangannya, Rabu (1/4/2020), menanggapi laporan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) hari ini bahwa ada 11 dokter yang meninggal karena terpapar Covid-19.

“Turut berduka mendalam, dalam sebulan 11 dokter meninggal. Tenaga medis harus mendapat perhatian dan perlindungan lebih besar (dari pemerintah),” kata dia.

Selain memenuhi kebutuhan APD bagi tenaga medis, Kurniasih uga meminta pemerintah memperhatikan kebutuhan lain bagi tenaga medis, seperti kebutuhan nutrisi dan jam kerja memadai, dan tempat istirahat yang nyaman.

“Bahkan keluarganya juga harus mendapat jaminan perlindungan kesehatan juga,” kata Kurniasih.

Sebelumnya, IDI menyatakan 11 dokter meninggal dunia akibat terinfeksi virus corona (covid-19) sepanjang Maret 2020.

“Ada 12 dokter yang meninggal dalam sebulan ini, 11 diantaranya terkonfirmasi terpapar covid-19,” terang Humas IDI Halik Malik.

Halik menyebut tenaga medis yang langsung menangani pasien terkait covid-19 memang paling rentan terpapar covid-19. Oleh karenanya, kata dia, IDI pun telah mengeluarkan petunjuk pencegahan penularan Covid-19 untuk petugas kesehatan termasuk standar pemakaian APD.

Ia tidak menampik selama ini kebutuhan APD bagi tenaga medis yang menangani pasien terkait Covid-19 di beberapa fasilitas layanan kesehatan masih kurang cukup dan memadai.

“Kami sudah menyampaikan ke pemerintah, untuk memastikan APD tersedia secara kontinyu dan mencukupi di tiap layanan kesehatan,” kata Halik.[prs]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DPR

Soal CSR, Pimpinan DPR Minta Klarifikasi

Published

on

Continue Reading

DPR

Saleh Partaonan Daulay : Polemik RUU HIP Tak Selesai Hanya dengan Ganti Nama

Published

on

Continue Reading

DPR

Anggota DPR RI Rieke Diah Pitaloka Resmikan Bedah Rumah Nenek Nemah

Published

on

Continue Reading
Loading...