Kapolri Perintahkan ke Semua Prajurit Penyidik Agar Tak Mudah lakukan penahanan Untuk Cegah Corona - Realita Rakyat
Connect with us

TNI -POLRI

Kapolri Perintahkan ke Semua Prajurit Penyidik Agar Tak Mudah lakukan penahanan Untuk Cegah Corona

Published

on

Realitarakyat.com – Jajaran penyidik di tubuh Polri diminta untuk tidak mudah melakukan penahanan terhadap tersangka. Hal itu dilakukan untuk mencegah terlalu padatnya rumah tahanan (rutan) sebagai upaya menahan laju penyebaran virus corona.

Instruksi itu disampaikan Kapolri Jenderal Idham Azis. Kapolri meminta penyidik untuk lebih selektif dalam menentukan penahanan.

“Petunjuk Kapolri menyatakan penyidik diminta selektif, agar penahanan dalam proses penyidikan dijadikan upaya paling akhir. Artinya penyidik diminta tidak mudah melakukan penahanan berkaitan dengan penanganan tindak pidana di tengah wabah corona,” kata Kepala Bagian Penerangan Umum Polri Kombes Pol Asep Adisaputra di Kantor Bareskrim Polri, Jakarta, Kamis (2/4/2020).

Asep mengatakan kebijakan itu penting untuk mendukung imbauan pemerintah untuk melakukan physical distancing di dalam rutan untuk mencegah corona. Semua pihak yang berwenang diminta untuk memperhatikan kepadatan di dalam rutan.

Namun dia meminta semua penyidik untuk tetap melanjutkan penyidikan kasus pidana meski tersangka tidak ditahan. Penahanan tersangka harus dipertimbangkan sebagai opsi terakhir.

“Upaya yang dikedepankan yaitu penyelesaian hukum secara normatif. Tapi tetap mempertimbangkan unsur tindak pidana dan situasi yang terjadi saat ini,” ucapnya.(ilm)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TNI -POLRI

Kapolri Berikan Kenaikan Pangkat Kepada Prajurit Yang Meninggal Akibat Diserang OTK

Published

on

Continue Reading

TNI -POLRI

Polsek Daha Diserang Orang Tak Dikenal

Published

on

Continue Reading

TNI -POLRI

Kapolsek Gunem Dicopot Akibat Kecelakaan Menabrak Rumah Warga

Published

on

Continue Reading
Loading...