Indonesia Tawarkan PT Bio Farma Terlibat dalam Kerja Sama ASEAN-AS Tanggulangi COVID-19 - Realita Rakyat
Connect with us

Politik

Indonesia Tawarkan PT Bio Farma Terlibat dalam Kerja Sama ASEAN-AS Tanggulangi COVID-19

Published

on

Foto: ist

Realitarakkyat.com – ASEAN dan Amerika Serikat lakukan video conference untuk membahas perkembangan dan kerja sama yang dapat dilakukan untuk menganggulangi pandemik COVID-19 (01/04/2020). Dalam pembicaraan itu, secara khusus, Indonesia mengusulkan agar BUMN yang bergerak di bidang farmasi (PT Biofarma) yang sudah berpengalaman memproduksi vaksin, dapat dilibatkan dalam memproduksi vaksin untuk COVID-19, jika sudah ditemukan.

Demikian keterangan dalam laman resmi Kementerian Luar Negeri, yang dilansir Kamis (2/4/20200.

Dikatakan bahwa video conference merupakan Senior Official Meeting yang dihadiri oleh pejabat-pejabat dari Kementerian Luar Negeri, Kementerian Kesehatan, Kementerian Transportasi, pejabat Imigrasi dari Negara-negara Anggota ASEAN dan pejabat tinggi AS dari Kemlu, Kemenkes, Center for Disease Control and Prevention (CDC), US Agency for International Development (USAID) serta National Security Council (NSC). Sementara Indonesia diwakili oleh Wakil Tetap RI untuk ASEAN, Kemenkes dan Kementerian Luar Negeri.

Indonesia sampaikan dukungannya untuk meningkatkan kerja sama antara ASEAN dan Amerika Serikat dalam menangani COVID-19, khususnya memperluas akses bagi peningkatan kapasitas tenaga medis ASEAN melalui CDC dan beasiswa khusus kesehataan melalui USAID. Indonesia juga sampaikan pentingnya upaya kolektif untuk mempertahankan stabilitas ekonomi dan memastikan rantai peredaran barang kebutuhan tidak terganggu di tengah keadaan global saat ini.

Di sisi lain, Amerika Serikat telah memberikan komitmennya untuk menunjang pengembangan penelitian dan pengembangan laboratorium di ASEAN, dan upaya pengawasan serta rapid response terhadap COVID-19 dan mendukung berbagai kebutuhan peralatan dan perlengkapan medis.

Peserta video conference sepakat bahwa COVID-19 memiliki tantangan yang kompleks dan dampak ekonomi dan sosial yang luas sehingga memerlukan solusi yang berbeda-beda. Pembahasan lebih lanjut untuk mengimplementasikan kesepakatan yang dicapai pada video conference akan ditindaklanjuti beberapa minggu ke depan.(vee)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Politik

Inilah Alasan Tito Karnavian Kenapa Pilkada Serentak Tetap Digelar

Published

on

Continue Reading

Politik

AHY : New Normal Bukan Pulih Tapi Ekstra Waspada

Published

on

Continue Reading

Politik

Mahfud Sidik : Partai Gelora Siap Berkompetisi Dengan Semua Partai Politik

Published

on

Continue Reading
Loading...