Kerja Sama dengan Swasta, APD untuk Tenaga Medis Indonesia Tak Perlu Impor Lagi - Realita Rakyat
Connect with us

Nasional

Kerja Sama dengan Swasta, APD untuk Tenaga Medis Indonesia Tak Perlu Impor Lagi

Published

on

foto: ist/net

Realitarakyat.com – Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Covid-19, Wiku Adisasmito, mengatakan bahwa pihaknya kini bekerja sama dengan sejumlah pihak swasta dalam negeri untuk memproduksi alat pelindung diri (APD) untuk tenaga medis di Indonesia.

“Selama ini, pemenuhan APD bagi tenaga medis didatangkan dari luar negeri alias impor. Namun setelah kita bekerja sama dengan sejumlah pihak swasta dalam negeri, untuk APD tenaga medis di Indonesia tercukupi,” ujar Wiku, dalam konferensi pers, di Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Jumat (3/4/2020).

Menurut dia, kerja sama ini, untuk menentukan standar dan pemenuhan produksi APD, khususnya gaun, di dalam negeri yang selama ini tergantung impor dan jumlahnya terbatas.

“Produksi APD saat ini didukung oleh 31 perusahaan tekstil dan 2.900 industri garmen nasional,” ujarnya menambahkan.

Wiku mengatakan, bahan APD selama ini hanya digunakan sekali pakai. Namun, saat ini Indonesia telah berinovasi dengan memakai bahan baku alternatif yang melimpah di dalam negeri.

“Kami telah menemukan bahan baku pengganti sesuai standar WHO yang cukup melimpah di Indonesia, diproduksi oleh industri tekstil dalam negeri, yaitu polyurethane dan polyester yang bisa digunakan berulang dengan dicuci secara benar,” kata dia.

Ia mengatakan, kedua bahan baku tersebut bisa digunakan untuk pembuatan gaun tipe medis dengan jenis gaun terusan dan jump suit coverall.

Setidaknya, kapasitas produksi APD nasional sekitar 17 juta per bulan dengan bahan baku pengganti tersebut.

Aturan perizinan produksi ini juga telah direlaksasi dan disepakati oleh Kementerian Perindustrian, Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), dan Kementerian Kesehatan.

Ia mengatakan, seluruh produksi APD tersebut untuk pemenuhan dalam negeri agar seluruh tenaga medis kebutuhannya tercukupi dan keselamatan serta keamanannya terjaga.

Adapun kerja sam peningkatan produksi ini dilakukan dengan WHO Indonesia, Kementerian Kesehatan, Kementerian Perindustrian, Asosiasi Pertekstilan Indonesia, Asosiasi Produsen Serat dan Benang Filamen Indonesia, Perhimpunan Pengendalian Infeksi Indonesia, dan Ahli Teknik Kimia ITB. (ndi)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Nasional

Anang Hermansyah Minta Pemerintah Agar Merumuskan Skema Pola Hidup Baru

Published

on

Continue Reading

Headline

Update 28 Mei: Pasien Positif Covid-19 Bertambah 687 Jadi 24.538 Orang, 6.240 Sembuh, 1.496 Meninggal

Published

on

Continue Reading

Nasional

Gelar Ratas, Presiden Jokowi : Pemerintah Harus Antisipasi Pergeseran Trend Pariwisata Usai Covid-19

Published

on

Continue Reading
Loading...