Ansy Lema : Pemerintah Harus Jamin akan Ketersediaan 11 Pangan Pokok di Masa Pandemi Covid-19 - Realita Rakyat
Connect with us

Politik

Ansy Lema : Pemerintah Harus Jamin akan Ketersediaan 11 Pangan Pokok di Masa Pandemi Covid-19

Published

on

Ilustr/net

Realitarakyat.com – Pemerintah diminta beri jaminan akan ketersediaan bahan pokok di masa pandemi Covid019. Hal itu disampaikan Anggota DPR Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Yohanis Fransiskus Lema yang kini duduk di Komisi IV DPR yang salah satu mitra kerjanya adalah Kementerian Pertanian .

Adapu sekitar 11 bahan pokok berupa beras, jagung, daging ayam, daging sapi, telur, minyak goreng, gula pasir, cabai merah, cabai rawit, bawang merah, dan bawang putih harus dipastikan terdistribusi merata ke seluruh wilayah Indonesia.

“Kementan dan Bulog harus memastian ketersediaan dan distribusi merata bahan pokok agar sampai ke masyarakat kecil. Ini sangat penting untuk menghindari panic buying, kepanikan akan kelangkaan bahan pokok yang dapat mempengaruhi stabilitas harga atau kenaikan harga di pasar,” papar Ansy dalam keterangan persnya hari ini.

Legislator dapil Nusa Tenggara Timur (NTT) II itu menegaskan, bahwa ketersediaan beras sangatlah penting.

Saat ini kata Ansy Lema, ada 1,6 juta ton beras yang tersimpan di 1.647 gudang Bulog. Selain itu, pada April Indonesia mengalami panen raya padi yang akan mencapai 5,03 juta ton. Itu berarti stok beras domestik mampu memenuhi kebutuhan beras saat ini.

“Mungkin saat ini yang perlu ditindak adalah mafia beras yang sengaja menciptakan kelangkaan, sehingga harga beras meningkat. Selain itu, Bulog dan BUMN terkait perlu menjadi off-taker/penyerap beras untuk menjamin ketersediaan stok pangan nasional dan menyerap produk pertanian para petani nasional. Ini sangat penting untuk mengaja pendapatan jutaan petani Indonesia yang kini mengalami kelesuan pasar,” pinta Ansy.

Sebagaimana diketahui, saat ini, harga bahan pokok yang sementara melonjak adalah gula pasir Rp 18.450/kg (naik 23,4 persen) dan cabe rawit Rp 50.850 (naik 27 persen) dari 3 Maret 2020. Untuk mengatasi kelangkaan ini, pemerintah harus memastikan distribusi logistik tetap berjalan lancar.

“Sambil melancarkan distribusi logistk, Kementan dapat menggiatkan penananam pangan lokal pengganti beras, gula, dan bahan pokok lainnya. MIsalnya, menggiatkan gula aren untuk mengganti gula pasir industri,” imbuh Ansy Lema. (vee)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Politik

Inilah Alasan Tito Karnavian Kenapa Pilkada Serentak Tetap Digelar

Published

on

Continue Reading

Politik

AHY : New Normal Bukan Pulih Tapi Ekstra Waspada

Published

on

Continue Reading

Politik

Mahfud Sidik : Partai Gelora Siap Berkompetisi Dengan Semua Partai Politik

Published

on

Continue Reading
Loading...