Cegah Penyebaran Corona, Masyarakat Dihimbau Tetap Pakai Masker - Realita Rakyat
Connect with us

Kesehatan

Cegah Penyebaran Corona, Masyarakat Dihimbau Tetap Pakai Masker

Published

on

Realitarakyat.com – Kasus positif virus corona baru (Covid-19) di Indonesia terus bertambah. Saat ini, angkanya telah mencapai 2.092 kasus positif virus corona per Sabtu (4/4/2020) kemarin. Angka tersebut bertambah 106 kasus dari Jumat (3/4/2020) lalu.

Mengingat masih tingginya angka penyebaran virus korona yang cepat, tindakan pencegahan sangat penting untuk dilakukan. Salah satunya adalah penggunaan masker bagi masyarakat yang sehat, sakit, dan utamanya untuk tenaga medis.

Hal tersebut karena penyebaran virus corona umumnya dari percikan batuk dan bersin atau droplet orang yang terinfeksi, sehingga tindakan pencegahan yang perlu dilakukan adalah memproteksi diri dengan masker dan mencuci tangan.

Namun di tengah langkanya masker bedah, pemerintah mengimbau agar masyarakat yang sehat menggunakan masker kain.

“Penggunaan masker kain tiga lapis dan mencuci tangan itu sangat penting,” kata Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam konferensi pers di Jakarta, Minggu (5/4/2020).

Dia menjelaskan, ada tiga jenis masker, pertama adalah masker kain yang dapat digunakan bagi masyarakat sehat. Kemudian masker bedah untuk orang yang sakit dan tenaga medis, serta masker N95 khusus untuk tenaga medis di fasilitas kesehatan.

Tiga lapis dalam masker kain sendiri, jelas dia, akan meningkatkan efektivitas dalam mencegah virus hingga 70 persen.

“Gunakan masker kain dengan disesuaikan pada wajah, pakai ketika tangan dalam keadaan bersih, masker harus menutupi bagian hidung hingga dagu, dan tidak longgar,” ujar Wiku.

Selain itu, masker kain juga harus rajin dicuci dengan sabun agar fungsi pencegahannya optimal. “Masyarakat juga disarankan agar jaga jarak jika di keramaian. Kalau tidak ada kegiatan penting, sebaiknya tinggal di rumah,” katanya.(Ham)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kesehatan

Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis Perintahkan Perpanjang Operasi Ketupat 2020

Published

on

Continue Reading

Kesehatan

New Normal, Ini Protokol Kesehatan di Sektor Jasa dan Perdagangan

Published

on

Continue Reading

Kesehatan

Inilah 5 Makanan yang Bisa Membantu Tubuh untuk Tetap Hidrasi

Published

on

Continue Reading
Loading...