Gantikan Hatta Ali, Mahkamah Agung Besok Gelar Pemilihan Ketua - Realita Rakyat
Connect with us

Hukum

Gantikan Hatta Ali, Mahkamah Agung Besok Gelar Pemilihan Ketua

Published

on

foto: ist/net

Realitarakyat.com – Mahkamah Agung besok pagi (Senin (6/4/2020) akan menggelar pemilihan ketua baru menggantikan Mohammad Hatta Ali yang memasuki masa pensiun pada 7 April 2020. Hal itu dilakukan, sesuai Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 yang dikeluarkan oleh Sekretaris Mahkamah Agung, AS Pudjoharsoyo.

“Menindaklanjuti keputusan rapat pleno Mahkamah Agung tanggal 2 April 2020, bahwa pemilihan Ketua Mahkamah Agung RI dilaksanakan pada Senin, 6 April 2020, pukul 10.00 WIB, bertempat di ruang Prof. Kusumaatmaja, Gedung Mahkamah Agung, Jakarta,” demikian bunyi surat edaran tersebut yang dikutip Minggu (5/4/2020).

Untuk mencegah penyebaran wabah virus corona (COVID-19), pemilihan Ketua MA baru, tidak akan dihadiri aparatur peradilan pada satuan kerja pusat dan daerah.

Pemilihan hanya akan dihadiri pimpinan Mahkamah Agung, hakim agung serta hakim ad hoc di Mahkamah Agung. Namun pelaksanaannya dapat diikuti melalui platform siaran video oleh masyarakat umum.

Pada saat menyaksikan acara siaran pemilihan ketua baru itu, khalayak diminta tetap memperhatikan protokol penanganan pencegahan penyebaran COVID-19 serta pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Sebagaimana diketahui, Hatta Ali terpilih menjadi Ketua Mahkamah Agung periode 2012-2017, kemudian terpilih kembali dalam periode 2017-2022. Saat terpilih dalam periode keduanya, ia berusia 67 tahun dan akan memasuki masa pensiun pada 7 April 2020.

Sementara salah satu syarat menjadi ketua Mahkamah Agung adalah, masih menjabat sebagai hakim agung, sehingga pemilihan dilakukan sebelum ia memasuki masa pensiun. (ndi)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Headline

Ramai Isu PKI, Mahfud MD Jamin Tak Ada yang Bisa Cabut TAP MPRS

Published

on

Continue Reading

Hukum

IPW Minta Kepolisian bebaskan Ruslan Buton

Published

on

Continue Reading

Hukum

Fakultas Hukum UGM Kecam Intimidasi terhadap Diskusi Mahasiswa

Published

on

Continue Reading
Loading...