Bupati Paniai, Meki Nawipa, Angkut Sendiri Alkes Covid-19 dengan Pesawat Pribadinya hingga ke Pelosok Papua - Realita Rakyat
Connect with us

Daerah

Bupati Paniai, Meki Nawipa, Angkut Sendiri Alkes Covid-19 dengan Pesawat Pribadinya hingga ke Pelosok Papua

Published

on

Bupati paniai (kiri, baju putih lengan pendek) angkut Alkes Covid-19 Untuk Masyarakatnya. Foto: Ist

Realitarakyat.com- Guna menyelamatkan masyarakat dari ancaman virus corona (Covid-19), Bupati kabupaten Paniai, Meki Nawipa menyumbangkan pesawat pribadinya bahkan langsung menerbangkan sendiri (Pilot) untuk mengangkut alat kesehatan (alkes) bagi kebutuhan masyarakat di sejumlah titik di wilayah Kabupaten Paniai yang dipimpinannya saat ini.

Kepada awak media, Bupati Paniai Meki Nawipa mengatakan, dirinya berinisiatif meminjamkan pesawatnya secara gratis untuk mengirim alat kesehatan dan pasokan medis lainnya ke sejumlah daerah yakni di wilayah Meepago, Papua, terutama Dogiyai, Deiyai dan Paniai sendiri untuk mencegah penularan Covid-19 di daerah setempat.

“Saya bersama keluarga meminjamkan satu pesawat untuk mengangkut kepentingan kesehatan di wilayah Meepago. Jadi ini untuk memerangi Covid-19 di wilayah ini,” kata Bupati yang sebelumnya berprofesi sebagai Pilot selama 10 tahun di perusahaan penerbatangan lokal di Tanah Papua itu, Jumat (3/4/2020).

Ia mengatakan bahwa pesawatnya akan melakukan penerbangan misi kemanusiaan tersebut hingga beberapa pekan ke depan dari Jayapura (ke) lokasi tempat tujuan di wilayah Papua.

“Pesawat akan standby di Jayapura, ketika kita membutuhkan maka pesawat akan terbang ke sini,”ujar pemegang Sertifikasi Private Pilot Licence (PPL) dari Deraya Flying School, Halim Perdanakusuma, Jakarta itu.

Bupati Meki menyebut, apabila Dogiyai dan Deiyai membutuhkan logistik alkes, maka pesawat miliknya siap mengangkut dan menerbangkan ke lokasi tempat tujuan alkes untuk pencegahan virus corona tersebut.

“Jadi apabila Dogiyai dan Deiyai membutuhkan logistik alkes maka pesawat akan terbang ke Enarotali dari Jayapura membawa semua alkes. Sehingga begitu alkes tiba di Enarotali bisa dikirim ke Dogiyai dan Deiyai,” terang Meki.

Untuk diketahui, pada Jumat (3/4/2020) kemarin Pilot pertama putra Papua, Meki Nawipa menerbangkan pesawat kecil itu untuk mengirim pasokan alat kesehatan di Paniai dan Deiyai. selain itu, ia juga turun ke lapangan membantu mengangkat boks berisi pasokan medis itu bagi warganya yang membutuhkan.

Terkait Misi Kemanusiaan Bupati Paniai ini, Sekretaris Daerah Kabupaten Dogiyai, Petrus Agapa, mengapresiasi inisiatif orang nomor satu di Kabupaten Paniai itu.

“Ini luar biasa, tidak gampang seorang bupati (terjun ke lapangan). Sekarang kita fokus sama-sama perangi virus ini agar tidak boleh masuk di Meepago,” dikutip antaranews. .

Adapun Kepala Dinas Kesehatan Deiyai, Kornelis Pakage juga mengapresiasi tindakan itu. Kata dia, sejumlah alkes yang dipesan di Bandung untuk kepentingan pencegahan Covid-19 akan diangkut memakai pesawat tersebut.

“Terima kasih Pak Bupati Paniai. Banyak alat kesehatan pencegahan Covid-19 dari Bandung jadi jika semua sudah tiba di Jayapura maka bisa diantar pakai pesawat yang disumbangkan oleh Bupati Paniai,” ucapnya bersyukur.
Profil Singkat

Sebelum terpilih jadi Bupati Kabupaten Paniai, Papua, Meki Nawipa merupakan seorang pilot bersertifikat lulusan sebuah akademi di Australia. Mengikuti Pendidikan penerbangan di Halim, Jakarta. Ia memulai berkarier di dunia penerbangan pada tahun 2000, saat dirinya berhasil menyelesaikan pendidikan dan mendapat sertifikasi Private Pilot Licence (PPL) dari Deraya Flying School, Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Dari Halim, Jakarta, pada 2004 ia kembali melanjutkan studi penerbangannya di Bible College of Victoria (BCV) di Melbourne, Australia. Sebelumnya ia sempat bergabung dengan Mission Aviation Fellowship (MAF) di Papua Nugini pada sebagai pilot.

Empat tahun kemidian (2008) Meki berhasil mewujudkan impiannya untuk menerbangkan pesawat menjelajahi daerah-daerah pedalaman di Papua dengan bekerja pada maskapai Susi Air.

Selama 10 tahun menerbangkan burung besi ini, ia memutuskan menjadi pilot komersial dan terjun ke panggung politik praktis dan memenangi pemilihan kepala daerah (pilkada) 2018 untuk menjabat sebagai bupati Paniai. Terima kasih pak Bupati.(vee)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Daerah

Polisi Berhasil Meringkus Pembobol Mesin ATM

Published

on

Continue Reading

Daerah

Kisruh Mobil Corona, Demokrat Minta Khofifah dan Risma Berdamai

Published

on

Continue Reading

Daerah

4 Orang Positif Covid-19, Pasar Cisalak Depok Ditutup Sementara

Published

on

Continue Reading
Loading...