Disinfektan Tak Dianjurkan untuk Disemprotkan ke Tubuh Manusia - Realita Rakyat
Connect with us

Kesehatan

Disinfektan Tak Dianjurkan untuk Disemprotkan ke Tubuh Manusia

Published

on

foto: ist/net

Realitarakyat.com – Ketua Pakar Gugus Tugas Wiku Adisasmito kembali mengingatkan terkait penggunaan disinfektan ditengah pandemi virus corona.

Dalam siaran langsung yang ditayangkan BNPB melalui Youtube, Minggu (5/4/2020), Wiku mengatakan, sesuai dengan edaran jika Kementerian Kesehatan tidak menganjurkan pemakaian bilik disinfektan.

Menurut dia, disinfektan hanya boleh digunakan untuk benda atau barang sehingga tidak disarankan untuk disemprotkan ke tubuh manusia,” ujarnya.

Pertahanan utama yang paling tepat dalam menangani pandemi Covid-19, katanya, adalah penggunaan masker dan rajin mencuci tangan.

“First Line defends, pertahanan kita yang paling tepat adalah penggunaan masker dan cuci tangan. Petahanan berikutnya atau second line defends adalah menjaga kebersihan usai berpergian dari luar rumah atau ke tempat lainnya,” kata dia.

Dia pun meyakini, jika masyarakat dapat menerapkan perilaku dengan menggunakan masker, cuci tangan dan menjaga kebersihan, maka kasus corona di tanah air pun bakal mengalami penurunan.

“Kalau kita menerapkan disiplin perilaku ini, baik nasional provinsi kota Desa RW RT sampai tingkat keluarga, kami sangat percaya bahwa kita bisa secepatnya menekan kasus ini,” ujarnya.

Karenanya, dia menyarankan agar masyarakat memiliki solidaritas dan saling mengingatkan untuk memakai masker dan mencuci tangan sesering mungkin. (ndi)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kesehatan

Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis Perintahkan Perpanjang Operasi Ketupat 2020

Published

on

Continue Reading

Kesehatan

New Normal, Ini Protokol Kesehatan di Sektor Jasa dan Perdagangan

Published

on

Continue Reading

Kesehatan

Inilah 5 Makanan yang Bisa Membantu Tubuh untuk Tetap Hidrasi

Published

on

Continue Reading
Loading...