Dituding Lakukan Pembiaran Warga Berkerumun Sambut Eva Yolanda, Kapolres Lombok Timur Dituntut Mundur - Realita Rakyat
Connect with us

Daerah

Dituding Lakukan Pembiaran Warga Berkerumun Sambut Eva Yolanda, Kapolres Lombok Timur Dituntut Mundur

Published

on

Realita Rakyat.com – Kepulangan peserta LIDA 2020, Eva Yolanda, ke kampung halamannya di Desa Lando Kecamatan Terara, Lotim, Minggu, 5 April 2020 yang disambut ratusan warga setempat, mendapat sorotan dan kritikan tajam dari berbagai pihak.

Bahkan Kapolres Lombok Timur selaku wakil ketua tim gugus covid 19 di nilai telah melakukan pelanggaran berat, petisi agar Kapolres mundur dari jabatan bermunculan.

Suryadi, selaku tokoh pemuda Lombok Timur dalam petisi yang di ikuti puluhan aktivis mengaku kecewa dengan kegiatan penyambutan Eva Yolanda yang melibatkan ratusan orang, mengingat besarnya potensi bahaya virus Covid-19 yang sedang mewabah di Lombok Timur. Pihaknya menuntut agar Kapolres Lombok Timur selaku wakil komandan gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 di Lombok Timur harus bertanggung jawab penuh atas kejadian ini.

“Kapolres Lombok Timur harus bertanggung jawab karena telah melakukan pembiaran terlebih lagi memfasilitasi pengawalan dengan mobil patwal milik Polisi,” katanya Senin (6/4/2020).

Suryadi mengaku pihaknya bersama sejumlah elemen masyarakat dan aktivis Lombok Timur telah menandatangani petisi agar Kapolres Lombok Timur di copot. Petisi ini juga akan di kirim kepada presiden dan Kapolri di Jakarta. “Kami meminta kepada Presiden Republik Indonesia, Cq. Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Cq. Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) NTB Agar segera melakukan pencopotan terhadap Kapolres Lombok Timur,” pintanya.

Sementara itu, Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Lombok Timur. Juaini Taofik, menerangkan kepulangan Eva Yolanda telah diberlakukan sama dengan semua warga Lotim yang datang dari luar daerah yaitu keluar melalui pintu Orang Tanpa Gejala (OTG) di Bandara.

Dari hasil pemeriksaan ukur suhu, Eva Yolanda, memiliki suhu 36,2 derajat celcius (normal) dan tidak ada gejala lainnya.

Selanjutnya, Eva Yolanda dibawa pulang ke kampung halamannya di Desa Lando dan terjadi kerumunan massa. “Ke depan kita lebih bekerja keras lagi memaksimalkan kesadaran masyarakat kita,” ungkapnya.

Sementara itu Kapolres Lombok Timur, AKBP. Tunggul Sinatrio, SIK, menjelaskan, kepulangan Eva Yolanda sudah diwaspadai oleh tim gugus tugas. Termasuk imbauan kepada masyarakat supaya tidak berkumpul menyaksikan kedatangan Eva Yolanda ke kampung halamannya. Pengawalan dan pengamanan dari personel kepolisian maupun dari tim gugus tugas sudah dilakukan.

Terkait persolan ini, Tunggul Sinatrio menegaskan akan memproses sebagaimana hukum yang berlaku atas pasal yang sudah ditetapkan. Dimana dalam maklumat Kapolri sudah jelas ditegaskan supaya siapapun dilarang keras untuk mengumpulkan masyarakat apalagi dalam jumlah besar. “Nanti kita lihat pelanggaran hukumnya. Kita juga mintai keterangan EO-nya,” Ungkap Wakil Ketua Tim Gugus Covid 19. (LS)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Daerah

Polisi Berhasil Meringkus Pembobol Mesin ATM

Published

on

Continue Reading

Daerah

Kisruh Mobil Corona, Demokrat Minta Khofifah dan Risma Berdamai

Published

on

Continue Reading

Daerah

4 Orang Positif Covid-19, Pasar Cisalak Depok Ditutup Sementara

Published

on

Continue Reading
Loading...