Kapolri Keluarkan Instruksi Untuk Mencagah Permainan Harga Sembako - Realita Rakyat
Connect with us

TNI -POLRI

Kapolri Keluarkan Instruksi Untuk Mencagah Permainan Harga Sembako

Published

on

Realitarakyat.com – Permainan harga pangan menghantui masyarakat di tengah wabah virus corona yang sedang melanda Indonesia. Untuk mencegah hal tersebut, Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis menerbitkan surat telegram yang berisi pedoman pelaksanaan tugas fungsi reskrim tentang penjaminan ketersediaan pangan dan proses distribusinya.

Instruksi Kapolri itu tertuang dalam Surat Telegam Nomor: ST/1099/IV/HUK.7.1./2020 tertanggal 4 April 2020. Surat itu ditandatangani Kabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo mewakili Kapolri.

“Surat Telegram Kapolri itu berisi pedoman pelaksanaan tugas dan penanganan perkara terkait ketersediaan pangan serta proses distribusinya selama masa pencegahan penyebaran virus corona,” katanya Minggu (5/4/2020).

Surat telegram itu menerangkan jenis-jenis kejahatan yang bisa muncul memanfaatkan situasi wabah corona terkait distribusi bahan pangan. Antara lain permainan harga dan penimbunan barang serta adanya oknum yang menghalangi atau menghambat jalur distribusi pangan.

Kapolri meminta jajaran jajaran Kapolda di seluruh Indonesia untuk memetakan dan mengidentifikasi potensi kejahatan terkait ketersediaan pangan di wilayah masing-masing. Dia meminta jajaran kepolisian juga bekerja sama dengan pemangku kepentingan lain untuk menjamin ketersediaan pangan.

Menurut Kapolri hal-hal yang bisa dilakukan jajaran kepolisian yaitu mengawal proses distribusi dari gudang hingga pasar dan konsumen. Selain itu jajaran Polri termasuk Bareskrim dan Polda diminta mengantisipasi serta melakukan penindakan terkait hoaks atau berita bohong yang dapat meresahkan masyarakat.

Termasuk berita bohong tentang ketersediaan bahan pangan. Jajaran Polda juga meminta mengungkap semua kasus kejahatan terkait ketersediaan bahan pangan kepada publik agar menimbulkan efek jera dan mencegah kejahatan serupa di kemudian hari.

Kapolri juga menyoroti mulai langkanya sejumlah komoditas pangan seperti gula, bawang putih, dan bawang bombai. Dia mendorong importir segera melakukan impor sesuai rencananya dan meminta pabrik gula rafinasi memproduksi gula konsumsi untuk mengatasi kelangkaan gula.(ilm)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TNI -POLRI

Aksi Anggota TNI AL Jadi Sopir Ambulans Covid-19 Dadakan saat Jemput Warga untuk Tes Swab

Published

on

Continue Reading

TNI -POLRI

Dua Jendral Dari mabes Diterjunkan Ke Episentrum Jatim Untuk Bantu Tangani Covid 19

Published

on

Continue Reading

TNI -POLRI

Kabaharkam : Konsep Kampung Tangguh di Kabupaten Malang Layak Diadopsi

Published

on

Continue Reading
Loading...