Kapolri Perintahkan Jajarannya Lakukan Pemantauan HOAX Terkait Corona - Realita Rakyat
Connect with us

Nasional

Kapolri Perintahkan Jajarannya Lakukan Pemantauan HOAX Terkait Corona

Published

on

foto: ist/net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Kapolri Jenderal Pol Idham Azis memerintahkan jajarannya untuk melakukan pemantauan penyebaran berita bohong (hoax) di media sosial menyangkut virus Corona, termasuk menyangkut kebijakan pemerintah dan penghinaan terhadap presiden.

Perintah tersebut, dituangkan dalam surat telegram Kapolri Jenderal Idham Azis bernomor ST/1100/IV/HUK.7.1./2020 yang ditandatangani Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo atas nama Kapolri dan diterbitkan pada Sabtu, 4 April 2020.

“Ya, benar,” ujar Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo, saat dikonfirmasi wartawan terkait kebenaran surat telegram tersebut.

Dalam surat telegram itu, diperintahkan kepada Kabareskrim dan para Kapolda untuk melakukan pemantauan penyebaran hoax di media sosial menyangkut virus Corona. Selain itu juga menyangkut kebijakan pemerintah dan penghina presiden.

“Melaksanakan patroli siber untuk monitoring perkembangan situasi, serta opini di ruang siber, dengan sasaran penyebaran hoax terkait COVID-19, hoax terkait kebijakan pemerintah dalam mengantisipasi penyebaran wabah COVID-19, penghinaan kepada penguasa/presiden dan pejabat pemerintah,” demikian bunyi salah satu poinnya.

Selain itu juga dijelaskan dalam kondisi saat ini bentuk pelanggaran atau kejahatan siber yang mungkin terjadi antara lain ketahanan akses data internet selama masa darurat; penipuan penjualan online masker, alat pelindung diri (APD), antiseptik, obat-obatan lainnya dan disinfektan; tidak mematuhi penyelenggara karantina kesehatan atau menghalanginya.

Berikut perintah Kapolri yang dituangkan dalam surat telegram bernomor ST/1100/IV/HUK.7.1./2020:

1. Melakukan koordinasi dengan penyedia jasa internet di wilayah masing-masing.
2. Membantu memberikan akses kepada penyedia jasa internet yang akan melakukan perawatan rutin dan insidentil.
3. Memberikan dukungan kepada fungsi humas untuk mensosialisasikan kepada masyarakat terkait dengan kebijakan pemerintah pusat dalam penanggulangan COVID-19.
4. Melaksanakan kegiatan kampanye perang terhadap cyber crime untuk dapat dukungan dan partisipasi masyarakat.
5. Melaksanakan patroli siber untuk monitoring perkembangan situasi, serta opini di ruang siber, dengan sasaran penyebaran hoax terkait COVID-19, hoax terkait kebijakan pemerintah dalam mengantisipasi penyebaran wabah COVID-19, penghinaan kepada penguasa/presiden dan pejabat pemerintah, praktek penipuan penjualan online alat-alat kesehatan, masker, APD, antiseptik, obat-obatan dan disinfektan.
6. Melaksanakan penegakan hukum secara tegas.
7. Ekspose setiap hasil pengungkapan perkara guna memberi efek deterrent terhadap pelaku lainnya. (ndi)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Nasional

Gubernur Kalbar Usulkan Sultan Hamid Jadi pahlawan nasional

Published

on

Continue Reading

Nasional

Ini Alasan SetWapres Kenapa Beli BBM Di Pinggir jalan

Published

on

Continue Reading

Nasional

BP2MI minta dukungan MPR-DPR berantas mafia penempatan PMI

Published

on

Continue Reading
Loading...