Mendagri Keluarkan Instruksi Kepada Kelapa Daerah terkait Kebijakan Eksekusi di Tangan Pemerintah Pusat - Realita Rakyat
Connect with us

Nasional

Mendagri Keluarkan Instruksi Kepada Kelapa Daerah terkait Kebijakan Eksekusi di Tangan Pemerintah Pusat

Published

on

Realitarakyat.com – Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian telah mengeluarkan kebijakan tegas dalam bentuk Instruksi Menteri Dalam Negeri nomor 1 tahun 2020 tentang Pencegahan Penyebaran dan Percepatan Penanganan Covid-19 di Lingkungan Pemerintahan Daerah.

Dalam Instruksi tersebut, Mendagri Tito menginstruksikan kepada Kepala Daerah agar mempercepat realokasi APBD untuk penanganan pandemi Covid-19. Tito meminta jika dalam tujuh hari sejak instruksinya dikeluarkan maka Pemerintah akan menjatuhkan sanksi tegas berupa pemotongan dana transfer ke daerah.

Sikap tegas Mendagri Tito yang tertuang dalam surat instruksinya ini diapresiasi oleh Analis Kebijakan Publik Koalisi Lawan Corona, Iwan Sulaiman Soelasno.

Menurutnya, kepemimpinan Mendagri seperti ini yang sesungguhnya dibutuhkan oleh Indonesia yang sedang berjuang susah payah melawan pandemi Covid-19.

“Sikap tegas Mendagri Tito mengelola pemerintahan daerah berdasarkan sistem desentralisasi dalam kerangka NKRI akan memperkuat hubungan pusat-daerah, terlebih di masa kritis seperti saat ini. UU Pemerintahan Daerah kan sudah tegas menyatakan gubernur adalah wakil pemerintah pusat didaerah, maka tidak ada pilihan lain kecuali menjalankan program dan kebijakan pusat yang telah disusun oleh Kemendagri”, tegasnya.(ilm)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Nasional

Anang Hermansyah Minta Pemerintah Agar Merumuskan Skema Pola Hidup Baru

Published

on

Continue Reading

Headline

Update 28 Mei: Pasien Positif Covid-19 Bertambah 687 Jadi 24.538 Orang, 6.240 Sembuh, 1.496 Meninggal

Published

on

Continue Reading

Nasional

Gelar Ratas, Presiden Jokowi : Pemerintah Harus Antisipasi Pergeseran Trend Pariwisata Usai Covid-19

Published

on

Continue Reading
Loading...