Menag Imbau Masyarakat Bayarkan Zakat Harta Sebelum Ramadan - Realita Rakyat
Connect with us

Lintas Agama

Menag Imbau Masyarakat Bayarkan Zakat Harta Sebelum Ramadan

Published

on

ilustr/net

Realitarakyat.com – Menteri Agama (Menag) mengimbau agar umat muslim dapat membayarkan zakat harta (zakat mal) sebelum puasa Ramadan.

“Ini agar zakat tersebut bisa terdistribusi kepada Mustahik lebih cepat. Tentunya kita berharap, ini dapat membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan agar dapat bergembira juga menyambut Ramadan,” ujar Menag Fachrul Razi, di Jakarta, Senin (6/4/2020).

Sehubungan dengan itu Kemenag mengeluarkan Panduan Pengumpulan dan Penyaluran Zakat Infak dan Shadaqah (ZIS) saat terjadinya wabah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). “Salah satunya, kami meminta Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) sebisa mungkin meminimalkan pengumpulan zakat melalui kontak fisik, tatap muka secara langsung dan membuka gerai di tempat keramaian,” ungkapnya.

Sebagai gantinya, Menag meminta OPZ untuk melakukan sosialisasi zakat melalui jemput zakat dan transfer layanan perbankan. Panduan ini menurut Menag Fachrul merupakan bagian dari Surat Edaran Menteri Agama Nomor 6 tahun 2020, tentang Panduan Ibadah Ramadan dan Idul Fitri 1 Syawal 1441 H di Tengah Pandemi Wabah Covid-19.

“Surat Edaran ini dimaksudkan untuk memberikan panduan beribadah yang sejalan dengan Syariat Islam sekaligus mencegah, mengurangi penyebaran, dan melindungi pegawai serta masyarakat muslim di Indonesia dari risiko Covid-19,” jelasnya.

Dalam panduan tersebut, antara lain dikatakan bahwa bagi organisasi pengelola zakat untuk sebisa mungkin meminimalkan pengumpulan zakat melalui kontak fisik, tatap muka secara langsung dan membuka gerai di tempat keramaian. Hal tersebut diganti menjadi sosialisasi pembayaran zakat melalui layanan jemput zakat dan transfer layanan perbankan.

“Mengingatkan para panitia Pengumpul Zakat Fitrah dan/atau ZIS untuk meminimalkan kontak fisik langsung, seperti berjabat tangan ketika melakukan penyerahan zakat,” kata Menag.

Petugas yang melakukan penyaluran zakat fitrah dan/atau ZIS agar dilengkapi dengan alat pelindung kesehatan seperti masker, sarung tangan dan alat pembersih sekali pakai (tisu).(vee)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lintas Agama

MUI: Kalau Orang Boleh Berkumpul di Mal dan Bandara, Masjid Juga Bisa

Published

on

Continue Reading

Headline

Pemerintah Arab Saudi Belum Berikan Jawaban Soal Kepastian Haji

Published

on

Continue Reading

Lintas Agama

Menag Sebut, Camat Bisa Berikan Rekomendasi Pembukaan Rumah Ibadah

Published

on

Continue Reading
Loading...