Perwira TNI Kodam Tanjungpura Ini Buat APD Dari Tali Kolor - Realita Rakyat
Connect with us

TNI -POLRI

Perwira TNI Kodam Tanjungpura Ini Buat APD Dari Tali Kolor

Published

on

Realitarakyat.com – Inovasi dilakukan Peralatan Kodam (Paldam) XII/Tanjungpura (Tpr) untuk menjawab tantangan kebutuhan alat pelindung diri (APD) sebagi upaya pencegahan dan penanganan corona. dengan bahan dasar tali karet celana (tali kolor) mereka berhasil membuat APD sederhana dengan fungsi maksimal.

Hal itu disampaikan Kapaldam XII/Tpr Kolonel Cpl Octovianus Oscar di Pontianak, Senin (6/4/2020). Kapaldam menceritakan ide awal pembuatan APD itu terinspirasi saat dirinya mendapat perintah dari Pangdam XII/Tpr Muhammad Nur Rahmad untuk membantu pemerintah setempat melakukan penyemprotan disinfektan di Pontianak.

“Ketika itu, kita akan menyemprotkan disinfektan di wilayah Pontianak. Terbersit ide untuk melindungi prajurit dari efek kimia yang terkandung di dalamnya, setidaknya bagian mata, hidung dan mulut,” ujar Kolonel Oscar.

Saat itu dia kesulitan mencari APD yang memadai. Hanya ada masker yang disediakan untuk melindungi prajurit saat menyemprotkan disinfektan.

“Saat itu baru ada masker. Sempat kita tanya ke penyedia barang, ternyata pelindung yang kami butuhkan cukup mahal dan membutuhkan waktu pembuatan yang cukup lama,” ujar pria kelahiran Ambon ini.

Dia pun tak kehabisan akal. Menurutnya banyak bahan di sekitar kita yang bisa dimanfaatkan untuk membuat APD yang memadai, namun dengan biaya produksi rendah.

“Setelah dilihat-lihat, ternyata alternatif bahan yang dibutuhkan pun ada di sekitar kita dan prosesnya sederhana. Bahkan untuk pengadaan bahan setiap APD hanya habis sekitar Rp8.000, yaitu dari karet celana atau tali kolor ditambah plastik yang agak tebal,” ucapnya sambil tersenyum.

Berbekal tali kolor dan plastik itu, akhirnya Oscar dan anggotanya berhasil membuat 500 APD bagi prajurit yang menyemprotkan disinfektan di Pontianak dan Satgas Pamtas RI-Malaysia serta mendukung kebutuhan APD Rumah Sakit Kartika Kodam XII/Tpr, RS Yarsi, dan RS Antonius Pontianak. Menurutnya inovasi seperti ini penting di tengah ketersediaan APD yang minim, terutama di daerah untuk menangani corona.

“Kami tahu, tenaga medis berjibaku siang malam, di tengah keterbatasan APD, mereka tanpa lelah membantu saudara-saudara kita yang tengah mengalami musibah terpapar virus corona,” ujar Oscar dengan nada suara bergetar.

Dari pengalaman sulitnya memperoleh APD di Kalbar, Oscar yang pernah berdinas di Kopassus itu menargetkan pembuatan minimal 300 APD berupa face shield bagi jajaran Puskesmas yang ada di Kubu Raya. Pembuatannya dengan memberdayakan Persit (Persatuan istri tentara).

“Kita sedang coba memberdayakan ibu-ibu Persit untuk mengisi waktu luang bersama keluarga untuk membuat masker atau APD secara mandiri,” ujar Oscar yang merupakan lulusan Akmil tahun 1996 ini.

Ke depan dia berharap Persit berkontribusi menghasilkan APD untuk perlindungan keluarga. Sembari menyumbangkan APD untuk tenaga medis yang nmembutuhkan.

Tak hanya membuat APD, Paldam XII/Tpr juga membua Disinfektan Chamber dan kendaraan penyemprot disinfektan. Oscar mengatakan semua itu merupakan wujud cinta dan bakti Paldam XII/Tpr untuk masyarakat Kalbar dan bagi negara Indonesia.

Sementara itu, Kapendam XII/Tpr Kolonel Inf Aulia Fahmi Dalimunthe menyampaikan bahwa Pangdam XII/Tpr dan pejabat teras Kodam XII/Tpr mengapresiasi inovasi yang dilakukan oleh Paldam XII/Tpr.

“Termasuk apresiasi kepada berbagai pihak yang telah sama-sama memerangi penyebaran virus Covid-19 di Kalbar. Utamanya unsur-unsur yang terlibat mampu dan secara cerdas menjabarkan petunjuk maupun perintah pimpinan, sehingga apa yang dilakukan dapat bermanfaat dan dirasakan langsung oleh masyarakat maupun petugas, khususnya tenaga medis,” katanya.

Selain mengerahkan satuan jajarannya untuk terlibat langsung dalam pemberantasan virus corona, Aulia juga menyebut Pangdam XII/Tpr telah menyerahkan 2.000 APD dukungan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat ke Dinkes Kalbar. “Ada 40 boks masing-masing berisi 50 unit, totalnya ada 2.000 baju atau jubah APD diserahkan Pangdam XII/Tpr kepada Kadinkes Kalbar untuk didistribusikan ke rumah sakit rujukan,” ucap Kapendam.(Ilm)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TNI -POLRI

KASAD TNI Sebut Pindad Produksi Ventolator Non Invansif Untuk Tangani Covid

Published

on

Continue Reading

TNI -POLRI

Inilah Kronologi Kapolda Jatim Usir Kapolsek di Surabaya

Published

on

Continue Reading

TNI -POLRI

Bareskrim Polri Ungkap Kasus Narkoba Jaringan Internasional

Published

on

Continue Reading
Loading...