Redam Gejolak Harga Gula, Saat Pandemi Covid-19 Mendag Sidak Pabrik Gula - Realita Rakyat
Connect with us

Ekonomi

Redam Gejolak Harga Gula, Saat Pandemi Covid-19 Mendag Sidak Pabrik Gula

Published

on

ilustr/net

Realitarakyat.coom – Menteri Perdagangan Agus Suparmanto melakukan sidak ke pabrik PT Industri Gula Nusantara (IGN), di Kendal, Jawa Tengah, Selasa (7/4). Kunjungan ini untukmemastikan perusahaan gula yang menerima izin impor sudah melakukan proses pengolahan raw sugar menjadi gula kristal putih (GKP) sehingga bisa segera dilepas ke pasar untuk memenuhi ketersediaan gula di masyarakat menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) puasa
Ramadan dan Idul Fitri.

“Saya ingin memastikan semua perusahaan penerima izin impor sudah melakukan proses pengolahan sehingga harga gula putih di pasar dapat segera turun dan sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET). Saat ini hampir di seluruh daerah, harga gula pasir masih mengalami kenaikan hingga 47 persen dari HET yaitu Rp.12.500 per kilogram,“ tegas Mendag, Rabu (8/4/2020).

Untuk memenuhi kebutuhan gula tahun 2020 ini, PT IGN memperoleh alokasi impor raw sugar untuk diolah menjadi GKP sebesar 97.000 ton dengan rincian sebesar 20.000 ton telah diterbitkan PI pada akhir tahun 2019; sebesar 37.000 ton telah diterbitkan PI pada tahun 2020; serta tambahan importasi sebesar 40.000 ton untuk pemenuhan kebutuhan gula sampai Juni 2020.

Sampai dengan Maret 2020, PT IGN telah melakukan realisasi impor sebesar 20.000 ton yang direalisasikan pada tahun 2019 dan sebesar 20.000 ton saat ini masih dalam proses bongkar di pelabuhan. Sementara sebesar 17.000 ton diperkirakan akan tiba pada akhir April 2020.

“PT IGN menjadi salah satu pabrik gula yang mendapatkan alokasi impor raw sugar untuk diolah menjadi GKP. Sampai dengan saat ini, PT IGN telah merealisasikan izin impor tersebut dengan mengolah raw sugar menjadi gula konsumsi dan diperkirakan akan segera mengisi pasar dalam negeri,” ujar Menteri Agus Suparmanto.

Kementerian Perdagangan sangat serius melakukan berbagai upaya untuk menjamin ketersediaan
dan menstabilikan harga gula. Beberapa langkah dilakukan untuk menambah pasokan gula dari
impor baik berupa raw sugar oleh pabrik gula swasta dan BUMN, serta impor gula konsumsi
langsung oleh BUMN. Di samping itu, juga dilakukan penambahan pasokan dari pabrik gula dalam
negeri melalui BUMN.(vee)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ekonomi

Atasi Kelangkaan, Kementerian Perdagangan Izinkan Impor Gula Kristal Mentah

Published

on

Continue Reading

Ekonomi

Akibat Corona, Pabrik Sepatu Nike PHK 5 Ribu Karyawan

Published

on

Continue Reading

Ekonomi

Inilah Trafik Kuartal I 2020 PT Pelindo I di Tengah Pandemi Corona

Published

on

Continue Reading
Loading...